Kepolisian Resor (Polres) Batu mengerahkan 12 personel untuk bertugas sebagai pengawal pribadi (walpri) bagi tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota setempat selama berlangsungnya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Polres Kota Batu Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Andi Yudha Pranata di Kota Batu, Selasa mengatakan setiap satu orang, baik itu wali kota maupun wakil wali kota dikawal dua orang walpri.

"Jumlah petugas untuk pengawal pribadi pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu ada 12 orang totalnya, karena satu orang dikawal dua orang," kata Andi.

Dia menyatakan bahwa 12 personel kepolisian Kota Batu yang ditugaskan sebagai walpri pasangan calon tersebut adalah anggota terpilih.

Pasalnya untuk ditempatkan di posisi walpri, setiap anggota kepolisian harus mengikuti serangkaian tahapan seleksi ketat.

"Harapannya petugas bisa membantu para pasangan calon dalam melaksanakan rule yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)," ujarnya.

Andi menambahkan keberadaan walpri juga menjadi bagian upaya menjaga keamanan dan keselamatan bagi para pasangan calon selama menjalani aktivitas kampanye hingga penetapan hasil pemenang kontestasi politik tingkat daerah.

"Setidaknya petugas bisa asistensi jaminan kenyamanan pasangan calon di daerah tertentu," kata Andi.

Di sisi lain, dia berharap seluruh masyarakat terlibat aktif dalam membantu menjaga keamanan dan ketentraman selama masa Pilkada 2024.

"Masyarakat di Kota Batu punya kesadaran politik yang tinggi, maka dengan adanya perbedaan pilihan atau suara ini tetap bisa terjaga," ucap dia.

Pelaksanaan Pilkada Kota Batu 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yakni Nurochman-Heli Suyanto nomor urut 1, Firhando Gumelar-Rudi nomor urut 2, dan Krisdayanti-Kresna Dewanata Phrosakh nomor urut 3.

Masa kampanye Pilkada 2024 berlangsung mulai 25 September hingga 23 November 2024, sementara pemungutan suara berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024