Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat pleno terbuka untuk pengundian nomor urut pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) peserta Pilkada 2024 di Gedung Islamic Center (GIC) Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin.

Rapat pleno tersebut diikuti oleh dua pasangan calon yang akan berkompetisi dalam Pilkada Kabupaten Probolinggo tahun 2024 yakni pasangan dr Mohammad Haris-Fahmi AHZ dan pasangan Zulmi Noor Hasani-Abd. Rasit yang diantarkan langsung oleh pimpinan partai politik (parpol) pengusung dan pendukung.

"Kami telah menetapkan dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo pada Minggu (22/9) dan hari ini dilakukan pengundian nomor urut, kemudian tahapan berikutnya adalah masa kampanye yang akan berlangsung 25 September hingga November 2024," kata Ketua KPU Probolinggo Ali Wafa.

Hasil pengundian nomor urut dalam rapat pleno terbuka yakni pasangan Zulmi Noor Hasani dan Abd. Rasit mendapatkan nomor urut 1, sementara pasangan dr. Mohammad Haris dan Fahmi AHZ memperoleh nomor urut 2.

Setelah pengundian, kedua pasangan calon secara resmi menandatangani berita acara penetapan nomor urut bersama Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo.

Momen ini juga diwarnai dengan penyampaian sambutan dari kedua pasangan calon secara bergantian yang menyampaikan harapan dan komitmen untuk menjalankan kampanye secara damai dan kondusif.

"Kami harap pasangan calon beserta tim sukses dapat memanfaatkan masa kampanye itu untuk memasarkan visi, misi serta program-program unggulan mereka kepada masyarakat," tuturnya.

Ali Wafa menerangkan pelaksanaan Pilkada harus tetap mengacu pada maskot Kabupaten Probolinggo "Si Tengger" yang melambangkan suasana “Anteng” (aman, damai dan kondusif) dan “Seger” (ceria, bahagia, dan penuh kegembiraan) dengan harapan suasana Pilkada di Kabupaten Probolinggo tetap harmonis, jauh dari keributan, kebencian atau perpecahan di antara masyarakat.

"Pilkada Probolinggo diharapkan berlangsung dalam suasana yang gembira, riang dan penuh kedamaian. Tidak perlu ada keributan atau permusuhan di antara masyarakat," katanya.

Kegiatan pengundian nomor urut itu dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto beserta jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dan Ketua Sementara DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024