Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri, Jawa Timur, menjadwalkan pengundian nomor urut dua pasangan calon yang telah ditetapkan sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri Reza Cristian menjelaskan KPU telah melakukan pleno yang dilakukan secara tertutup dan menetapkan dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kediri, yakni Vinanda Prameswati-K.H. Qowimuddin Thoha atau Gus Qowim dan Ferry Silviana Feronica-Regina Nadya Suwono.

"Kami telah melaksanakan rapat pleno tertutup untuk menetapkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang telah memenuhi syarat. Untuk selanjutnya dilakukan pengundian nomor urut," katanya di Kediri, Senin.

Baca juga: KPU Kabupaten Kediri tetapkan dua pasangan calon peserta Pilkada 2024

Pasangan Vinanda Prameswati-K.H. Qowimuddin Thoha atau Gus Qowim didukung koalisi Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai Hanura, PDIP, Partai Demokrat, hingga PKS. Serta lima parpol nonparlemen, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Gelora.

Sementara pasangan Ferry Silviana Feronica-Regina Nadya Suwono didukung PAN danPartai NasDem.

Ia menjelaskan pengundian nomor urut pasangan calon dilaksanakan pada Senin ini dan dihadiri tim pasangan calon yang telah ditetapkan KPU Kota Kediri.

Ia berharap tahapan Pilkada 2024 bisa lancar dan pilkada juga berlangsung dengan tertib.

KPU Kota Kediri juga telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada 2024 dengan jumlah pemilih sebanyak 222.265 orang, terdiri atas 108.571 orang laki-laki dan 113.694 orang perempuan.

Sementara itu, KPU Kota Kediri juga sudah mulai menerima logistik Pilkada 2024 berupa 814 kotak suara dan disimpan di gudang KPU setempat.

KPU Kota Kediri masih menunggu pengiriman logistik lain dari KPU Provinsi Jawa Timur, berupa bilik suara, segel dan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024