Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, secara resmi menetapkan pasangan Karna Suswandi-Nyai Khoirani (Karunia) dan pasangan Yusuf Rio Wahyu Prayogo-Ulfiah sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Situbondo pada Pilkada Serentak 2024.

Pasangan petahana Karna Suswandi-Nyai Khoirani, dan Rio-Ulfiyah ditetapkan sebagai calon bupati dan calon wakil bupati setelah dokumen syarat calon dan syarat pencalonan telah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

"Setelah penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati, besok langsung dilakukan pengundian nomor urut yang akan dilaksanakan di halaman Kantor KPU," kata Ketua KPU Kabupaten Situbondo Hadi Prayitno kepada wartawan di Situbondo, Minggu.

Setelah melakukan pengundian nomor urut, lanjut dia, tahapan berikutnya adalah KPU akan menggelar deklarasi damai bersama dengan kedua pasangan calon dan pemangku kepentingan lainnya untuk menyamakan persepsi dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

"Pada hari berikutnya, pada tanggal 25 September 2024 kami akan bicarakan dengan kedua pasangan calon terkait kesepakatan pelaksanaan kampanye," ujar Hadi Prayitno.

Penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Situbondo, dihadiri oleh masing-masing perwakilan partai politik liaison officer (LO) pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Pasangan calon Karna Suswandi dan Nyai Khoirani diusung dan didukung oleh Partai Gerindra, Partai Demokrat, Perindo, Gelora, PAN, PBB, Garuda, PKS.

Sedangkan pasangan calon Yusuf Rio Wahyu Prayogo dan Ulfiyah diusung dan didukung Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, Golkar, PDI Perjuangan, PPP, Nasional Demokrat atau NasDem, Hanura, PSI.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024