Biro haji dan umrah melirik potensi pasar untuk penyelenggaraan haji dan umrah dengan sudah beroperasinya bandar udara di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Kepala Cabang Freshnel Kediri ustaz Miqdad Robbani mengemukakan umrah menjadi salah satu ibadah yang paling penting bagi umat Islam dan mereka bersemangat untuk melakukan ibadah tersebut. Apalagi di Kediri kini sudah ada bandara dan sebentar lagi membuka perjalanan internasional.

"Ada bandara juga di Kediri, dan akan dibuka yang internasional. Umrah itu kan menjadi salah satu ibadah yang penting bagi umat Islam, dan tentu saja akan banyak orang Islam semangat menuju ibadah haji dan umrah," katanya di Kediri dalam rilis yang diterima, Sabtu.

Pihaknya juga tak segan memberikan edukasi bagi umat Islam yang ingin belajar persiapan ibadah haji dan umrah dengan pendidikan umrah. Dengan adanya ilmu yang sudah dipelajari sebelumnya, menjadi bekal tersendiri saat melakukan ibadah haji dan umrah sehingga lebih khusyuk dalam beribadah.

"Orang semangat umrah dan alangkah lebih baik berangkat dengan ilmu yang tertata rapi, perjalanannya, di sana ibadahnya apa yang dianjurkan, dilakukan. Kami buat kurikulum," ujar dia. 

Pihaknya juga menambahkan, potensi mereka yang mendaftarkan diri untuk ibadah haji dan umrah di wilayah Karesidenan Kediri cukup tinggi. Untuk itu, secara resmi biro di Kediri dibuka.

Selain di Kediri, sudah ada beberapa cabang lainnya seperti Sidoarjo, Yogyakarta, Bandung, dan beberapa lokasi lainnya di Indonesia.

"Kami berharap semua masyarakat Islam, semangat untuk ibadah umroh, punya ilmu tentang ibadah umrah dan haji," harap dia. 

Dalam kegiatan itu juga dihadiri dari anggota DPRD Kabupaten Kediri, alumni jamaah dari biro ini, mini cabang, dan tamu undangan lainnya. 

Sebelumnya, sejumlah biro haji dan umrah sudah memanfaatkan bandara ini untuk keberangkatan jamaah dari Bandara Kediri ke Jakarta. Hal ini karena untuk penerbangan internasional belum dibuka. 

Saat ini, sudah ada tiga maskapai yang telah beroperasi di Bandara Dhoho, yaitu Super Jet dan Batik Air dengan delapan rute penerbangan dan Citilink. Batik Air untuk rute Kediri-Jakarta (CGK-DHX), Kediri-Bali (DPS-DHX), dan Kediri-Palembang (PLM-DHX).

Sementara Super Air Jet mendapat persetujuan lima rute antara lain Kediri-Banjarmasin (BDJ-DHX), Kediri-Balikpapan (BPN-DHX), Kediri-Makassar (UPG-DHX), dan Kediri-Bali (DPS-DHX), serta Citilink untuk penerbangan Kediri-Jakarta PP.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024