Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mulai menerima pengiriman tahap pertama logistik Pemilihan Kepala Daerah 2024 berupa kotak suara sebanyak 2.845 buah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo Gaguk Ika Prayitna di Ponorogo, Rabu, mengatakan kotak suara ini merupakan logistik pertama yang masuk gudang KPU di Jalan Ponorogo-Babadan.

Secara keseluruhan kebutuhan kotak suara untuk Pilkada 27 November 2024 di Kabupaten Ponorogo sebanyak 3.080 buah.

"Ya, tadi malam yang datang baru 2.845 buah, kebutuhan kita 3.080 buah, masih kurang 235 kotak suara lagi," katanya.

Jumlah tempat pemungutan suara untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Ponorogo sebanyak 1.519 TPS, dengan masing-masing TPS disediakan dua kotak suara untuk menampung surat suara pemilihan gubernur-wakil gubernur dan pemilihan bupati-wakil bupati.

"Untuk kekurangan sebanyak 245 buah kotak suara dalam minggu-minggu ini akan dikirimkan," tambahnya.

Ia menambahkan kuota kotak suara pada Pilkada 2024 tidak ada cadangan. Sebagai gantinya, KPU melakukan seleksi setiap kotak suara untuk memastikan kotak suara dalam kondisi baik.

"Kita seleksi, kalau ada yang cacat atau kurang layak kita laporkan, nanti akan disusulkan dengan kekurangan kotak suara," ujarnya.

Ia menambahkan ribuan kotak suara tersebut saat ini dijaga ketat oleh petugas keamanan selama 24 jam. Selain itu, jenis kotak suara juga telah dipisah untuk pemilihan gubernur-wakil gubernur dan pemilihan bupati-wakil bupati.

"Kita pisah, kita sesuaikan dengan jenisnya, tetapi masih dalam satu kompleks gudang. Untuk keamanan penuh 24 jam dari aparat kepolisian," kata Gaguk.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024