Bakal calon Wali Kota Batu Firhando Gumelar menyatakan bahwa kemudahan masyarakat di setiap daerah mendapatkan akses pendidikan menjadi poin utama yang mampu merealisasikan program Indonesia Emas 2045.

"Kita semua bisa bergandengan tangan membangun Kota Batu. Kami ingin anak-anak dapat akses pendidikan layak dan dari program ini bibit sumber daya manusia lahir untuk Indonesia Emas 2045," kata Firhando di Kota Batu, Rabu.

Firhando juga menyatakan konsep pelaksanaan dan pengembangan pendidikan oleh pemerintah daerah setempat di bawah kepemimpinan Penjabat Wali Kota Aries Agung Paewai sudah dalam koridor yang baik.

"Pak PJ sudah bekerja dengan hebat untuk Kota Batu, maka dari itu saya akan terus berkomunikasi dengan beliau terkait pendidikan yang berada di wilayah provinsi, sebab beliau juga Kepala Dinas Pendidikan Provinsi," kata Firhando.

Pada Pilkada 2024, Firhando yang berpasangan dengan Rudi turut menggagas pendidikan gratis sebagai visi misi di dalam program Wajib Belajar 12 Tahun Bagi Seluruh Rakyat Kota Batu, sekaligus melanjutkan kinerja peningkatan pendidikan yang dijalankan oleh pemerintahan kota saat ini.

Firhando juga menyatakan pada program itu turut memasukkan penguatan intervensi pemkot setempat kepada jenjang pendidikan SMA dan SMK yang di bawah naungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, rata-rata lama sekolah (RLS) di Kota Batu berada di angka 9,85 tahun. Maka dari itu terus meningkatkan angka tersebut hingga mendekati 12 tahun," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024