Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur menerima bantuan berupa truk tangki air bersih dari para pengusaha yang tergabung dalam Yayasan Bhakti Persatuan.

“Saya berterima kasih untuk Yayasan Bhakti Persatuan yang telah memberikan bantuan truk tangki air kepada PMI Jawa Timur. Ini membantu PMI dalam pendistribusian air bersih saat kekeringan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak,” kata Ketua PMI Jatim, Imam Utomo, melalui keterangannya yang diterima di Surabaya, Rabu.

Usai penyerahan, truk yang membawa air bersih itu langsung dimanfaatkan untuk kegiatan penyaluran air bersih ke warga Kecamatan Cerme, Desa Sukoanyar, Kabupaten Gresik, yang memiliki penduduk sebanyak 415 keluarga dengan 865 jiwa.

Selain truk tangki air bersih, Yayasan Bhakti Persatuan memberikan bantuan berupa 150 paket hygiene kit (timba, handuk, sikat gigi) di masing-masing PMI kabupaten di wilayah Jatim yang terdampak kekeringan akibat cuaca panas ekstrem.

Imam Utomo mengatakan aksi mendistribusikan air bersih ke daerah juga dibarengi dengan seruan pesan-pesan adaptasi terhadap perubahan iklim.

PMI juga menjalankan program penanaman bibit pohon di lingkungan tempat tinggal, sekolah, kampus dan fasilitas umum dengan target 4 juta pohon.

Dirinya juga menyampaikan pesan dari Ketua Umum PMI HM Jusuf Kalla yang menyatakan salah satu masalah global yang perlu menjadi perhatian yaitu isu perubahan iklim.

"Perubahan Iklim tidak bisa tolak tapi harus kita adaptasi," ujarnya.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024