Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim mengenalkan peran satuan karya (saka) rintisan penanggulangan bencana (PB) pada kegiatan peran Saka Daerah Pramuka se-Jatim di Bumi Perkemahan Kokobo Dander Forest, Bojonegoro, Jatim.

Mewakili Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Sekretaris BPBD Jatim Andhika N Sudigda yang juga Ketua Saka Rintisan PB Jatim turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini.

"Kehadiran tim BPBD Jatim ini dalam rangka mengenalkan Saka Rintisan Penanggulangan Bencana (PB) yang baru dibentuk Kwarda Pramuka Jatim pekan lalu," kata Andhika dalam keterangannya di Surabaya, Kamis.

Ia mengatakan, Tim Krida Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Saka PB Jatim mengenalkan potensi ancaman bencana dan ragam jenis bencana yang ada di Jatim melalui mobil edukasi penanggulangan bencana (Mosipena) yang turut dihadirkan.

"Termasuk juga upaya pengurangan risiko bencana dan simulasi evakuasi bencana gempa bumi dan pemadaman kebakaran," katanya.

Tak cuma itu, lanjut dia, melalui Saka Rintisan PB, Tim BPBD Jatim juga mengenalkan Krida Kedaruratan dan Logistik (KL) dengan menghadirkan mobil dapur lapangan dan mengenalkan peralatan kebencanaan serta logistik dalam anjungan Saka PB di area pameran kegiatan.

"Guna mendukung dan mengenalkan peran Saka PB, dalam kegiatan ini tim BPBD Jatim juga mendirikan satu unit tenda posko, dua tenda keluarga, delapan unit tenda pengungsi dan menyiapkan 80 feltbed," katanya.

Ka Kwarda Jatim Arum Sabil pun mengapresiasi semangat dan peran tim BPBD Jatim dalam mengenalkan peran Saka PB dalam kegiatan ini.

Guna memperkuat pengenalan itu, Ka Kwarda Jatim secara spontan juga membuat kuis berhadiah total Rp10 juta untuk dua peserta yang mampu menjawab dua pertanyaan yakni kepanjangan BNPB dan apa kepanjangan BPBD.

"Terima kasih atas semangat dan kehadiran Kalaksa BPBD Kabupaten/kota se-Jatim," ujar Arum Sabil mengapresiasi.

Selain dua Krida yang dimiliki, di penghujung kegiatan ini tim BPBD Jatim juga mengenalkan Krida Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) yang dimiliki Saka Rintisan PB.

Hadir juga, Kabid KL BPBD Jatim Satriyo Nurseno, Plt. Kabid PK Dadang Iqwandy dan sejumlah Kalaksa BPBD kabupaten atau kota se-Jatim.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024