Ketua sementara DPRD Kota Surabaya Jawa Timur Adi Sutarwijono memastikan jika semua posisi pimpinan dan juga alat kelengkapan dewan (AKD) tidak sampai satu bulan bisa tuntas.

"Optimistis tidak sampai satu bulan belum tuntas karena rekomendasi dari parpol pemenang ke 1-4 belum turun semua. Baru dari PKB yang menyerahkan SK wakil ketua dewan ke kami," katanya di Surabaya, Senin.

Ia mengemukakan, saat ini rekomendasi dari masing-masing partai memang belum turun semuanya, sehingga masih ada posisi yang kosong.

"Salah satu faktornya adalah rekomendasi dari masing-masing partai yang belum juga turun," katanya.

Dia mengatakan, cepat atau tidaknya pembahasan organisasi di DPRD Surabaya bergantung posisi pimpinan definitif karena jika sudah ada ketetapan maka pembahasan AKD dan susunan komisi bisa berjalan.

Meski begitu, dia memastikan dalam waktu dekat penentuan pimpinan definitif akan segera rampung. Sehingga, pembahasan keseluruhan urusan rumah tangga DPRD Surabaya ini bisa tuntas kurang dari satu bulan setelah pelantikan.

"Untuk fraksi yang baru menyerahkan PKB dan Golkar saja," ujarnya.

Ketua Fraksi Partai PKB DPRD Kota Surabaya Tubagus Lukmam Amin menyebut susunan fraksi saat ini sudah terbentuk. Daftar tersebut sudah masuk ke sekretaris dewan. Hanya saja untuk penempatan setiap kader di komisi belum dirumuskan.

"Untuk posisi tersebut di PKB penentuan didasarkan pada hasil Uji Kompetensi dan Kelayanan (UKK) yang sebelumnya sudah dilaksanakan. Nanti mempertimbangkan dari hasil itu juga," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024