Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menjanjikan perbaikan bertahap jalan selingkar Waduk Wonorejo yang rusak parah.

"Insya Allah perbaikan akan kami lakukan bertahap. Tahun ini sekitar 200 meter, tahun depan (2025) kita tambah," ucap Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno di Tulungagung, Jumat.

Ia menegaskan komitmen daerah dalam memperbaiki jalan yang memang menjadi kewenangan Pemkab Tulungagung.

Sedangkan jalan yang ada di area kewenangan Perhutani dan BBWS akan dikaji dan dikoordinasikan lebih lanjut dengan instansi terkait, katanya.

"Dari pihak PJT (Perum Jasa Tirta) dan BBWS tahun ini akan memperbaiki sekitar satu kilometer jalan. Kami akan melihat langsung kondisi dan kewenangan pembangunan," kata Heru.

Pernyataan Heru disampaikan setelah menerima kunjungan perwakilan warga yang rumahnya berada di sekitar jalur Selingkar Waduk Wonorejo di Pendopo Kontak Arum Kusumaning Bongso Tulungagung, Jumat (6/9) pagi.

Kedatangan mereka untuk menanyakan proses pengajuan pembangunan jalan Selingkar Waduk yang rusak parah.

Koordinator Paguyuban Masyarakat Wonorejo, Heriyanto mengatakan dari mediasi yang digelar, pengajuan perbaikan jalan tersebut belum ada titik terang dari Kementerian Pekerjaan Umum.

"Harapan kami (Pemkab) memberikan solusi untuk perbaikan jalan di Wonorejo," jelas Heriyanto.

Dalam audiensi tersebut belum ada kejelasan status jalan. Ruas jalan tersebut terbagi atas kewenangan BBWS, Perhutani dan Pemkab.

Rencananya, Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno akan turun langsung melihat kondisi sebenarnya.

Menurutnya 98 persen jalan Selingkar Waduk sepanjang kurang lebih 24 kilometer rusak parah.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024