Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadikan Kota Malang, Jawa Timur sebagai titik pertama untuk memanaskan mesin partai sebagai persiapan menyongsong perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni di Kota Malang, Senin malam, menyatakan kedatangannya ke wilayah tersebut sebagai bentuk keseriusan partai berlogo mawar putih untuk mengantarkan pasangan yang diusung dan memenangkan Pilkada 2024.

"Salah satu keseriusan PSI adalah dengan kami mendatangi daerah telah mendapatkan rekomendasi, dan Kota Malang merupakan wilayah pertama yang dikunjungi oleh DPP PSI," kata Raja Juli.

PSI di Kota Malang telah memberikan surat rekomendasi Pilkada Kota Malang kepada duet Wahyu Hidayat-Ali Muthorin.

Diketahui, Ali Muthorin merupakan kader tulen PSI. Sedangkan Wahyu Hidayat punya latar belakang birokrat, tepatnya pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Malang dan mantan Penjabat (Pj) Wali Kota Malang.

Selain PSI, pasangan Wahyu-Ali juga diusung partai politik lain, yakni Gerindra, Golkar, PKS, NasDem, PSI, PPP, Perindo, Garuda, PBB, dan Partai Buruh.

Mengingat kekuatan partai koalisi pengusung Wahyu-Ali yang begitu besar, maka pihaknya pun mengupayakan agar langkah pemenangan bisa berjalan seirama.

PSI pun menyelenggarakan konsolidasi pemenangan bertajuk "Konsolidasi Memenangkan Hari Arek Malang".

Soal Pilkada Jawa Timur, Raja Juli menyebut hal tersebut tidak akan dibahas malam ini. Sebab, seluruh jajarannya partainya dan partai koalisi fokus memenangkan Kota Malang.

"Malam ini kami khusus membicarakan tentang Kota Malang, jadi tidak melebar ke pemilihan gubernur," ujarnya.

Sementara, bakal calon Wakil Wali Kota Malang Ali Muthohirin menyatakan kedatangan Raja Juli Antoni bersama jajaran DPP PSI merupakan tambahan kekuatan menyambut masa pemilihan di 27 November 2024.

"Ini memperkuat keyakinan kami untuk pilkada, di belakang saya juga hadir partai pengusung dan ini memperkuat konstitusi awal tim kami semua untuk memperkuat gerakan kedepannya," ujar dia.

Masa pendaftaran Pilkada 2024 dibuka selama tiga hari, yakni Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8). KPU juga akan melaksanakan tahapan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus hingga 21 September 2024.

Sedangkan, tahapan pemungutan suara pada 27 November. Kemudian penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024