Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Jawa Timur menerima pendaftaran bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati KH Muhammad Bin Muafi Zaini-Abdullah Hidayat (Mandat) untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Pasangan ini datang ke kantor KPU Sampang, Kamis, yang diantar sejumlah perwakilan pengurus partai pengusung dari Partai Golkar, PPP, PDIP, PAN, Demokrat, Hanura, PBB, dan PSI serta ribuan warga pendukung pasangan ini.

"Bakal calon bupati dan wakil bupati ini merupakan pendaftar pertama yang datang ke KPU Sampang," kata Ketua KPU Sampang Aliyanto.

'Kiai Mamak' sapaan karib KH Muhammad Bin Muafi Zaini itu merupakan mantan Anggota DPRD Jawa Timur dan Ketua DPD Partai Golkar Sampang, sedangkan Abdullah Hidayat merupakan mantan Wakil Bupati Sampang, sekaligus Ketua DPC PPP Sampang.

Baca juga: KPU Sampang temukan 75 ribu calon pemilih tidak memenuhi syarat

Keduanya tiba di Kantor KPU Sampang sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung disambut oleh para Komisioner KPU Sampang.

Perwakilan institusi ini selanjutnya memakaikan kalung melati kepada kedua orang tersebut dengan iringan tepuk tangan meriah hadirin yang ada di ruang itu.

Menurut Aliyanto, pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati telah dibuka sejak tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024.

"Jadi, hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran," katanya.

Ia menjelaskan sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh partai pengusung ke KPU Sampang, maka para calon memang merencanakan untuk mendaftar pada hari terakhir.

"Setelah ini kemungkinan ada pasangan lain yang juga mendaftar," katanya.

Sebelum berangkat ke kantor KPU Sampang, Kiai Mamak terlebih dahulu berziarah ke Makam Asta Prajjan, sedang Abdullah Hidayat berziarah ke Makam Ratu Ibu di Madegan dan Asta Aji Gunung.

Setelah menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Sampang, Kiai Mamak dan wakilnya Abdullah Hidayat kepada pers menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pengurus partai pengusung dan pendukungnya.

"Terima kasih kepada teman-teman partai yang sudah melengkapi dan bekerja dengan keras dan alhamdulilah semua proses pendaftaran tadi berjalan lancar," katanya.

Ia menyatakan pendaftaran ke KPU Sampang tersebut merupakan langkah awal untuk menuju kepada sesuatu yang besar dalam mewujudkan cita ideal, yakni menjadikan Kabupaten Sampang lebih baik.

Sementara itu, pengamanan oleh petugas gabungan dari unsur polisi dan TNI terlihat sangat ketat di lokasi pendaftaran.

Pilkada di Kabupaten Sampang, Jawa Timur akan digelar di 1.312 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 180 desa dan kelurahan se-Kabupaten Sampang.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024