Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur kini terus menggencarkan sosialisasi tentang pelaksanaan Pilkada 2024 dengan memanfaatkan momen kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan RI di masing-masing kecamatan.

Menurut Komisioner KPU Pamekasan Mohammad Halili di Pamekasan, Kamis, itu dilakukan agar sosialisasi berlangsung secara masif dan tepat sasaran, sehingga kegiatan pesta demokrasi tersebut tersampaikan kepada semua elemen masyarakat.

"Kalau ada kegiatan karnaval, bisanya banyak orang yang berkumpul, sehingga momen baik seperti itu kami manfaatkan untuk menyampaikan sosialisasi," katanya.

Baca juga: KPU Pamekasan terima pendaftaran cabup/cawabup dari PPP dan PDIP

KPU lanjut dia, bekerja sama dengan panitia HUT Kemerdekaan RI di berbagai tingkatan, baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun tingkat desa.

Untuk tingkat kabupaten digelar oleh para komisioner KPU di Kabupaten Pamekasan, sedangkan untuk tingkat kecamatan oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan untuk tingkat desa oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara).

"Dengan cara bekerja sama seperti ini, kami yakin sosialisasi tentang pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di kabupaten ini bisa tersampaikan secara luas," katanya.

Sesuai dengan ketentuan, Pilkada Serentak 2024 di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Pamekasan akan digelar pada 27 November.

Di Kabupaten Pamekasan, pilkada digelar di 1.270 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan se-Kabupaten Pamekasan.

Jumlah calon pemilih terdaftar untuk Pilkada 2024 sebanyak 666.992 orang dengan perincian, sebanyak 321.992 orang calon pemilih laki-laki, sedangkan sebanyak 345.000 orang lainnya merupakan calon pemilih perempuan.

"Jumlah calon pemilih ini sementara, berdasarkan daftar pemilih sementara yang telah kami umumkan, dan belum final," kata Halili.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024