Bakal calon Gubernur Jawa Timur yang diusung PDI Perjuangan, Tri Rismaharini dijadwalkan akan melakukan ziarah ke makam wali dan pahlawan sebelum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno, di Surabaya, Kamis, mengatakan bahwa Risma yang juga merupakan Menteri Sosial tersebut, dijadwalkan akan melakukan ziarah ke makam Gubernur Suryo di Magetan. 

Kemudian di Surabaya, Risma akan melanjutkan ziarah ke Makam Mbah Bungkul, Sunan Ampel, dan makam para pejuang nasional seperti Bung Tomo dan WR Soepratman. Rangkaian ziarah ini akan diakhiri dengan shalat Ashar di Masjid Agung. 

"Lalu ke DPD untuk persiapan kirab budaya dalam rangka persiapan ke pendaftaran KPU,” lanjut Sri Untari.

Pasangan Risma-Gus Hans akan diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Hanura, dan Partai Ummat untuk berkontestasi sebagai calon Gubernur-Wakil Gubernur dari PDI Perjuangan-Hanura dalam Pilkada Jawa Timur.

Dia mengungkapkan, keputusan mengusung pasangan Tri Rismaharini (Risma) dan KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), telah melalui proses yang panjang dan penuh pertimbangan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. 

Menurut Sri Untari,  pasangan Risma-Gus Hans adalah perpaduan yang ideal antara senior dan junior serta nasionalis dan religius.

"Alhamdulillah, hasil kontemplasi dan pemikiran panjang Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri, menemukan dua nama itu. Ini adalah perpaduan antara senior dan junior, serta perpaduan nasionalis dan religius," ujarnya.

Sri Untari menegaskan bahwa pemilihan Risma-Gus Hans sebagai bakal calon gubernur-wakil gubenur adalah keputusan tepat karena dapat mewakili berbagai lintas generasi di Jawa Timur. 

"Alhamdulillah, Ibu Ketum memilih sosok yang tepat dan pendamping yang tepat. Ibu Risma mewakili generasi x, sementara Gus Hans mewakili generasi milenial dan z yang di Jawa Timur mencapai lebih dari 50 persen," terangnya.

Pada Pilkada Jatim, saat ini Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak telah mendaftar ke KPU Jawa Timur. Sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengumumkan untuk mengusung kader internal Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim.

Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim dan Risma-Gus Hans, dijadwalkan akan mendaftar ke KPU Jawa Timur pada hari terakhir pendaftaran atau pada Kamis (29/8). Pada pendaftaran hari terakhir, KPU akan membuka layanan hingga pukul 23.59 WIB.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024