Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar "Urban Job Fair 2024" sebagai upaya menambah peluang pekerjaan untuk masyarakat.

Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah mengemukakan pemkot terus berupaya menciptakan peluang kerja sebanyak mungkin bagi seluruh masyarakat. Salah satunya melalui Urban Job Fair 2024.

"Alhamdulillah tahun ini Pemkot Kediri bisa kembali menyelenggarakan event bursa kerja. Ini merupakan kolaborasi antara Dinkop UMTK bersama IIK Kediri, Forum Bursa Kerja Khusus, dan BKK SMKN 1 Kota Kediri," katanya di Kediri, Rabu.

Pj Wali Kota mengungkapkan masyarakat lulusan SMA, SMK, S-1 dan umum mendapat kesempatan untuk bergabung di lebih dari 3.500 lowongan pekerjaan yang dibuka di event bursa kerja ini.

Baca juga: Pemkot Kediri sebut karnaval ajang kreativitas dan pameran budaya

Ia juga menjelaskan 22 persen sektor di Kota Kediri adalah manufaktur, 5 persen pertanian dan sisanya jasa.

Terlebih lagi kondisi ketenagakerjaan juga terus dinamis dan fluktuatif seiring dengan semakin banyaknya perguruan tinggi baru di Kota Kediri.

Terlebih lagi ditambah dengan keberadaan Bandara Internasional Dhoho yang turut serta semakin memacu pertumbuhan ekonomi. Sehingga Pemkot Kediri mempunyai program memperluas kesempatan kerja.

Pemkot juga memfasilitasi warga dengan beragam program yang mendukung untuk dunia kerja antara lain pelatihan keterampilan kerja berbasis kompetensi, kegiatan job fair serta kegiatan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja.

"Semoga kegiatan ini banyak menyerap pencari kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Terutama bagi warga Kota Kediri sehingga 6.754 orang pengangguran yang ada di Kota Kediri bisa berkurang," kata dia.

Zanariah yakin setiap orang memiliki potensi luar biasa dan melalui kesempatan ini setiap individu dalam mewujudkan impian. Job fair ini juga mencerminkan semangat kolaborasi yang kuat antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat. Dalam menciptakan lapangan kerja yang lebih luas dan berkelanjutan.

Ia pun meminta para pencari kerja juga harus selalu optimistis, menjalin hubungan yang baik dengan perwakilan perusahaan, menunjukkan bakat dan kemampuan serta memberikan yang terbaik dalam setiap interaksi.

"Saya mengajak seluruh peserta job fair untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata dia.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024