Kurang lebih sebanyak 15.000 Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dari Jawa Timur dipastikan akan berangkat ke Bali untuk mengikuti Apel Kesetiaan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang akan dilaksanakan di Bali pada 21-25 Agustus 2024.

“Ada sekitar 15 ribu Banser dari cabang-cabang di seluruh Jawa Timur (yang hadir di Apel Kesetiaan PBNU di Bali),” kata Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jatim, Musaffa Safril, saat dihubungi di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Selain dari Jatim, juga ada Banser dari Bali dan Nusa Tenggara Barat yang akan menghadiri Apel Kesetiaan PBNU. Ia memperkirakan, jumlah Banser yang akan datang ke Pulau Dewata itu terbanyak dari wilayah Jawa Timur.

 “Paling banyak Banser yang hadir dari Jawa Timur,” ujar Safril.

Ia menambahkan, dari Kabupaten Trenggalek ada sebanyak 300 Banser yang telah diberangkatkan ke Bali pada Kamis (23/8) dengan lima unit bus. Mereka diberangkatkan dari Pondok Pesantren Mamba'ul Huda Desa Baruharjo, Kecamatan Durenan, Trenggalek.

Musaffa Safril, menegaskan, kedatangan Banser ke Pulau Dewata tidak terkait dengan Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akan dilaksanakan pada 24-25 Agustus 2024.

Diketahui, Banser dan Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa menggelar Apel Kesetiaan yang digelar PBNU di Bali pada 21-25 Agustus 2024. 

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyatakan bahwa kegiatan tersebut bukan merupakan inisiasi PBNU, namun inisiasi para Banser.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024