Sebanyak 45 anggota DPRD Situbondo masa bakti 2024-2029 dilantik dan diambil sumpah dan janji di Gedung DPRD Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu.

Pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Situbondo periode 2024-2029 ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Situbondo Achmad Rasjid, dan dihadiri oleh Forkopimda Situbondo, tokoh agama, jajaran pejabat Pemkab Situbondo, bawaslu, kpu dan para pengurus partai politik.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh kursi terbanyak pada Pemilihan Legislatif 2024, yakni 13 kursi dari seluruh daerah pemilihan di Kabupaten Situbondo.

Perolehan suara terbanyak di urutan kedua adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan perolehan sembilan kursi, selanjutnya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memperoleh enam kursi.

Baca juga: Polres Situbondo tingkatkan patroli jelang pendaftaran cabup-cawabup

Partai Golongan Karya (Golkar) lima kursi, Partai Demokrat tiga kursi, PDI Perjuangan lima kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) satu kursi, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) satu kursi dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) dua kursi.

Anggota DPRD Situbondo masa bakti 2024-2029, dari 45 anggota dewan itu ada 20 wajah baru anggota DPRD dari beberapa partai politik yang terpilih menjadi wakil rakyat.

Proses pelantikan ini mendapat penjagaan ketat aparat keamanan, ratusan aparat keamanan dari unsur TNI/Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dikerahkan.

Tak hanya menjaga pintu masuk kantor DPRD Situbondo, ruang rapat paripurna tempat pengucapan sumpah/janji anggota DPRD baru dilangsungkan juga dijaga ketat, termasuk melakukan sterilisasi setiap jalan masuk ke kantor DPRD.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024