Seorang pelaku UMKM bernama Jawel Husin menciptakan jingle “Bangga Lokal” yang diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat untuk lebih memilih produk dalam negeri sekaligus mendukung produk-produk lokal untuk bangkit di tengah gempuran barang impor.

Jawel kepada ANTARA di Jakarta, Selasa, menuturkan bahwa jingle tersebut tercipta dilatarbelakangi oleh keresahan dia dan para pelaku UMKM lainnya tentang kurangnya apresiasi terhadap produk dalam negeri.

Salah satunya adalah anggapan bahwa produk lokal memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan produk luar negeri.  Jingle tersebut diluncurkan pada 12 Agustus 2024 bersamaan dengan peringatan Hari UMKM Nasional.

Padahal, banyak produk lokal yang memiliki kualitas setara atau bahkan lebih baik, namun seringkali diremehkan.

Baca juga: Kadin imbau pelaku industri dan UMKM masukkan data lowongan kerja ke SIPK

Selain itu, ia khawatir terhadap masifnya produk asing yang masuk ke Indonesia yang dapat menjadi ancaman bagi keberlangsungan produk lokal.

Banyak sektor, seperti kuliner, yang telah didominasi oleh merek asing. Hal ini membuat produk lokal semakin sulit bersaing dan terancam terpinggirkan.

“Generasi muda cenderung lebih bangga mengonsumsi produk luar seperti makanan Jepang dan Korea, dibandingkan dengan warisan kuliner lokal seperti soto, rawon, atau mie ayam. Ini menunjukkan kurangnya apresiasi terhadap kuliner Indonesia,” katanya.

Jawel yang merupakan pelaku UMKM di bidang kuliner itu juga menyoroti pengaruh tokoh publik seperti artis, tokoh masyarakat, dan pejabat yang sering terlihat menggunakan produk luar negeri.

Baca juga: Kemenkumham Jatim bersama Pemkot Malang fasilitasi pendaftaran merek produk UMKM

Jingle "Bangga Lokal" dibuka dengan dentingan gamelan, diikuti oleh suara angklung dan sape, yang menciptakan suasana autentik dan mengingatkan akan kekayaan budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Dalam penggalan rap seperti, "Yo, angkat tangan buat karya bangsa, UMKM maju, pasti bisa".

Jingle "Bangga Lokal" dapat diunduh melalui link bit.ly/jinglebanggalokal atau didengarkan di kanal YouTube Kementerian Koperasi dan UKM.

Pewarta: Shofi Ayudiana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024