Penjabat (Pj)Wali Kota Malang Iwan Kurniawan mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota (pemkot) setempat wajib menjaga netralitas untuk menjaga kondusivitas wilayah jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Iwan di Kota Malang, Senin, mengatakan netralitas ASN di Pilkada 2024 merupakan amanat yang disampaikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Mengenai amanat dari Mendagri, yakni netralitas untuk menjaga kondusivitas dalam rangka pelaksanaan Pilkada serentak," kata Iwan.

Iwan menjelaskan ASN punya tanggung jawab penuh dalam menjamin keberlangsungan seluruh pelayanan Pemkot Malang kepada masyarakat.

Jika tidak netral, salah satu dampak yang ditimbulkan adalah tugas yang seharusnya diemban tak akan bisa berjalan optimal.

Dia pun meminta seluruh ASN tetap menjaga komitmennya dengan berpegang pada aturan yang sudah diterbitkan oleh pemerintah pusat.

"Berikanlah atau ciptakan masyarakat yang menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Malang memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, itu harus kami jadikan pedoman dan komitmen bersama," ujar dia.

Selain itu, dalam waktu dekat Iwan secepatnya akan menyelenggarakan rapat koordinasi untuk memetakan isu strategis di setiap perangkat daerah.

Oleh karena itu, dia meminta kepada seluruh ASN di masing-masing dinas membuka informasi perihal persoalan yang masih belum rampung hingga sekarang. Sehingga dengan begitu solusi bisa segera ditemukan.

"Tolong sampaikan pesan maupun informasi kepada saya, apa yang harus saya lakukan di dalam diskusi nanti dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait," ucap Iwan.

Para ASN Pemkot Malang juga diminta rajin menciptakan inovasi melalui pola kolaborasi antara perangkat kedinasan sehingga pelayanan kepada masyarakat berjalan sempurna.

"Saya ingin secepat mungkin kolaborasi dan sinergi dengan Pak Sekda khususnya, dengan kawan-kawan staf ahli, asisten, para perangkat daerah, dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Malang," tuturnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024