Polres Pamekasan dan Polres Sumenep, Jawa Timur menggelar latihan bersama tentang teknik pengendalian massa di lapangan apel Polres setempat, Senin, persiapan dalam melakukan pengamanan pada pelaksanaan pilkada serentak 2024.

"Latihan bersama antara Polres Pamekasan dengan Polres Sumenep ini untuk meningkatkan keterampilan pengendalian massa meliputi teknik penggunaan peralatan Dalmas, seperti formasi dorong dan berlindung hingga simulasi penanganan kerusuhan," kata Kasi Humas Polres Pamekasan AKP Sri Sugihato.

Ia menjelaskan, personel yang dilibatkan pada latihan bersama itu terdiri dari personel pengendali massa (Dalmas) dari Polres Pamekasan dan Polres Sumenep, serta polisi wanita (Polwan) dari kedua institusi tersebut.

Tujuannya untuk mengingatkan dan meningkatkan keterampilan anggota Dalmas yang memang merupakan tugas pokok mereka dalam menjaga keamanan dan mengendalikan massa saat ada kegiatan unjuk rasa.

Selain itu, sambung mantan Kapolsek Palengaan tersebut, latihan pengendalian massa itu juga untuk mempersiapkan kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan antar kelompok kepentingan saat pelaksanaan pemungutan suara.

"Sebab bagi aparat, keamanan dan ketertiban merupakan prioritas utama, sehingga segala sesuatu yang menyangkut keamanan dan upaya untuk melakukan penertiban juga harus diperhatikan secara serius," katanya.

Para personel dari Polres Pamekasan dan Polres Sumenep ini terlihat sangar serius dan antusias saat mengikuti latihan dan memperhatikan secara saksama setiap arahan yang disampaikan pelatih.

Latihan tentang teknik pengendalian massa ini diharapkan dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi personel Dalmas Polres Pamekasan dan Polres Sumenep dalam menjalankan tugas sehari-hari dan saat melakukan pengamanan pemilu pada Pilkada serentak 2024 nanti.

Sesuai ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pilkada serentak akan digelar pada 27 November 2024.

Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep merupakan sebagian dari kabupaten/kota di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada pada 27 November 2024.

Di Pamekasan, pemungutan suara akan digelar di 1.245 tempat pemungutan suara (tps) yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 Kecamatan.

"Saat ini tahapan pilkada serentak di Pamekasan memasuki persiapan pemungutan daftar pemilih sementara," kata Komisioner KPU Pamekasan Mohammad Halili, Senin.

 

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024