Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung pasangan Ahmad Fauzi Wongsojudo-KH Imam Hasyim dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2024.

"Secara formal, kami tinggal menunggu rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS. insyaa-Allah ke Pak Fauzi-Kiai Imam," kata Ketua DPD PKS Sumenep Rimbun Hidayat di Sumenep, Jumat.

Ia menjelaskan, awalnya terdapat tiga nama yang terjaring sebagai bakal calon bupati yang diajukan PKS Sumenep ke DPP PKS melalui DPD PKS Jawa Timur.

Tiga figur tersebut adalah Ahmad Fauzi Wongsojudo (Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep yang juga petahana), KH Muh Ali Fikri (Ketua DPC PPP Sumenep), KH M Unais Ali Hisyam (mantan anggota DPR RI dari PKB).

Setelah melalui proses internal, PKS mengerucutkan menjadi dua nama, yakni Fauzi dan Kiai Fikri.

Dua nama itu akhirnya dibawa dan digodok lagi di forum Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS untuk dikerucutkan ke satu nama dan diputuskan mengusung Fauzi sebagai bakal calon bupati dalam Pilkada Sumenep 2024.

"Dalam perkembangannya ternyata sudah dalam formasi paket, yakni Pak Fauzi sebagai bakal calon bupati dan Kiai Imam sebagai bakal calon wakil bupati. Penetapan itu tidak mendadak, akan tetapi melalui proses di DPP hingga DPTP PKS," kata Rimbun, menerangkan.

Ia menjelaskan, keputusan DPTP itu selanjutnya diproses oleh DPP PKS dengan mengeluarkan rekomendasi bagi Fauzi-Kiai Imam sebagai bakal calon bupati-bakal calon wakil bupati dalam Pilkada Sumenep 2024.

"Sekali lagi, rekomendasi belum di tangan kami dan kemungkinan besar akan diserahkan pada pekan depan. Namun, sesuai proses yang telah berjalan dan dilalui oleh kami, putusannya kepada pasangan Pak Fauzi-Kiai Imam," kata Rimbun, menegaskan.

Sebelumnya, pasangan Fauzi-Kiai Imam telah mengantongi rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan untuk maju sebagai bakal calon bupati-bakal calon wakil bupati dalam Pilkada Sumenep 2024.

Kiai Imam adalah Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumenep.

Selain PDI Perjuangan, pasangan Fauzi-Kiai Imam kemungkinan besar akan didukung oleh PKB, Partai Demokrat, dan PKS.

Serupa PKS, DPC PKB dan DPC Partai Demokrat Sumenep tinggal menunggu rekomendasi dari DPP masing-masing sebagai bentuk dukungan formal kepada pasangan Fauzi-Kiai Imam.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada Serentak 2024, termasuk Pilkada Sumenep yang ditetapkan KPU RI, pendaftaran pasangan calon dari partai politik pada 27-29 Agustus. Sementara hari "H" pilkada pada 27 November.
 

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024