Dinas Pendidikan Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar ajang kompetisi bahasa Inggris, Competition English Massive (Coin Emas) tahun 2024, sebagai upaya membangun karakter anak supaya anak berani ikut lomba.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Moh Anang Kurniawan, di Kediri, Kamis mengatakan dalam mempersiapkan ajang Competition English Massive tahun 2024 tersebut pihaknya menggelar sosialisasi yang dihadiri seluruh guru SD dan guru bahasa Inggris SMP se-Kota Kediri.

"Kami ingin pihak sekolah mendorong anak-anak yang sudah ikut English Massive (Emas) agar mengikuti ajang Coin Emas. Kami juga harapkan terkait dengan Kurikulum Merdeka ingin membangun karakter anak supaya anak berani ikut lomba, menang atau kalah urusan belakang yang penting berani tampil," katanya.

Coin Emas 2024 merupakan kompetisi bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh English Massive (Emas) di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Kediri. Kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian Hari Jadi ke-1145 Kota Kediri.

Saat ini terdapat 164 spot English Massive, 250 kelas, serta 2.824 partisipan. Tahun 2024 ini, penyelenggaraan Coin Emas akan berlangsung pada tanggal 15 Agustus sampai dengan 16 September 2024. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran paling lambat 15 Agustus 2024. Adapun tema yang digagas yakni Inspire, Believe, Achieve.

Anang juga menyebutkan pada pelaksanaannya terdapat lima kategori perlombaan, yakni speech, storytelling, dramacoustic (video competition), spelling bee, dan English Trivia Quiz.

Pada ajang tahunan yang dimulai sejak tahun 2016 ini, Pemkot Kediri ingin Coin Emas 2024 tercatat pada Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai satu pemrakarsa kursus bahasa Inggris yang menyentuh hingga tingkat RT oleh instansi pemerintahan.

"Maka dari itu kami targetkan peserta untuk SD dan SMP masing-masing 1.000 anak. Nanti hadiahnya berupa uang pembinaan," kata dia.

Dirinya menambahkan di samping uang pembinaan, juara juga akan mendapatkan sertifikat penghargaan. Khusus kategori speech dan storytelling, sertifikat juara dapat dilampirkan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur prestasi.

"Jadi di English Massive ada dua jenis sertifikat, pertama, sertifikat level test dan final test yang fungsinya untuk menunjukkan level kompetensi partisipan Emas. Sertifikat tersebut juga bisa diakui sebagai ekstrakurikuler di sekolah. Kedua, sertifikat lomba dan Coin Emas," kata Anang.

Untuk memperoleh juara, Dinas Pendidikan Kota Kediri akan menggandeng dewan juri dari kalangan praktisi bahasa Inggris (dosen ataupun pengajar profesional) serta tutor English Massive.

Anang berharap agar pelaksanaan kompetisi yang digelar secara gratis ini dapat berjalan dengan lancar, serta dapat melahirkan generasi-generasi English Massive yang mahir bahasa Inggris.

"Kami berharap bahwa niat semula ingin memberikan pembelajaran kepada anak-anak terkait bahasa Inggris, sehingga nanti anak-anak dari Kota Kediri memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan sentuhan English Massive bisa naik level menjadi expert," kata Anang.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024