Sejumlah relawan dari berbagai komunitas di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar deklarasi bersama mendukung sebagai bakal calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan bakal calon Wakil Bupati Kediri dr. Ari Purnomo Adi di Pilkada 2024.

Koordinator gabungan relawan Fathur Chiko mengemukakan dr. Ari layak untuk mendampingi bakal calon Bupati Kediri Hanindhito sebagai wakilnya. Selama ini dokter Ari sudah cukup dikenal di masyarakat Kabupaten Kediri.

"Beliau dokter Ari, selain menjadi dokter juga aktif sebagai relawan lingkungan hidup yang peduli dengan kerusakan hutan, sumber air dan masalah masalah lain di lingkungan seperti sampah," katanya saat deklarasi dukungan di sebuah kafe Kabupaten Kediri, Jumat.

Dirinya juga mengatakan dokter Ari cukup mempunyai jaringan sampai ke desa-desa di Kabupaten Kediri. Selain menjadi dokter yang mempunyai beberapa klinik kesehatan, dokter Ari merupakan koordinator relawan lingkungan yang konsentrasi dengan kerusakan hutan, sumber air dan sampah.

Ia juga menambahkan, dr Ari juga tidak asing dengan dunia politik. Yang bersangkutan pernah maju menjadi calon Bupati Kediri pada Pilkada 2015, berpasangan dengan Arifin Tafsir melawan Haryati Sutrisno dan Maskuri pada saat itu.

"Dokter Ari yang berpasangan dengan Arifin Tafsir lumayan memperoleh suara yang cukup tinggi yaitu, mendapat suara 38 persen. Jadi tidak ada salahnya jika bakal calon Bupati Kediri Hanindhito mempertimbangkan dokter Ari menjadi bakal calon Wakil Bupati Kediri untuk mendampinginya di Pilkada 2024," ujar dia.

Pihaknya mendukung pasangan ini untuk maju di Pilkada 2024.

"Kami mendukung agar Mas Dhito (sapaan akrab Hanindhito) menggandeng dr Ari sebagai wakilnya pada Pilkada 2024 ini," kata dia.

Relawan yang deklarasi dukungan antara lain dari Relawan Peduli Kediri (RPK), rohaniawan, budayawan dan penghayatan, Persatuan Penambangan Pasir Tradisional Kediri, Pengusaha Cucian Pasir dan Relawan Semut Gunung Kediri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara serentak yang diselenggarakan di 37 provinsi di Indonesia. Kegiatan pemungutan suara itu akan berlangsung pada 27 November 2024.

Di Kabupaten Kediri, sejumlah bakal calon sudah mendaftarkan diri seperti Deny-Mudawamah yang mendapatkan rekomendasi dari PKB dan Partai NasDem.

Sedangkan, bakal calon Bupati Hanindhito akan diusung PDIP.

Untuk partai lainnya hingga kini belum ada kabar terkait dengan dukungan resmi.(*)
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024