Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof Dr Nurhasan memperkirakan 4.000 hingga 5.000 orang dari 11 negara peserta ASEAN University Games (AUG) 2024 datang ke Jawa Timur, pada 25 Juni hingga 6 Juli 2024.

"Diperkirakan sekitar 4.000 sampai 5.000 orang, dari atlet, pelatih, official, hingga suporter dari berbagai negara akan datang ke Jawa Timur dalam AUG 2024 ini," kata Prof Nurhasan yang juga PIC AUG 2024, dalam keterangannya yang di Surabaya, Senin.

Prof Nurhasan menjelaskan, Sejak pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand, pada 1981, Indonesia telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali, yaitu pada 1982, 1990, 2004, 2014, dan 2024.

"Ke-11 negara anggota ASEAN yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Filipina akan berjuang dalam kompetisi olahraga mahasiswa bergengsi tingkat Asia Tenggara," ujarnya.

AUG 2024 ini, lanjutnya, melombakan 21 cabang olahraga (cabor) yang meliputi, futsal, petanque, volleyball, tennis, swimming, sport climbing, 3X3 basketball, judo, handball, wushu, bridge, chess, athletics, basketball, badminton, archery, beach volleyball, sepak takraw, taekwondo, pencak silat, dan karate.

"Pertandingan dari cabor tersebut, dilaksanakan di sejumlah lokasi yang melibatkan KONI Jatim dan sembilan perguruan tinggi, baik yang ada di Surabaya maupun Malang," katanya.

Pertandingan di klaster Surabaya, kata dia, di antaranya Unesa yang mempertandingkan futsal, petanque, volleyball, tennis, athletics dan basketball.

"Kemudian di wilayah KONI Jatim ada swimming dan sport climbing," tuturnya.

Selanjutnya, di Universitas Airlangga (Unair) 3X3 basketball dan judo, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) handball, Universitas Surabaya (Ubaya) wushu dan bridge dan terakhir di UPN Veteran Jatim cabor chess.

Di klaster Malang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang (UM) yang mempertandingkan badminton, archery dan beach volleyball.

"Kemudian Universitas Brawijaya (UB) ada sepak takraw dan taekwondo, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pencak silat dan yang terakhir di Universitas Islam Malang (Unisma) karate," katanya.

Sementara itu, Koordinator AUG 2024 Muhammad Arif Al Ardha menambahkan bahwa Opening Ceremony AUG 2024 dilaksanakan di International Basketball Arena, di Unesa Kampus 2 Lidah Wetan Surabaya.

“Untuk pagelaran di upacara pembukaan nanti melibatkan talent, yang terdiri dari artis nasional dan mahasiswa yang akan menyuguhkan penampilan-penampilan,” katanya.

Saat pembukaan AUG, kata Arfi, akan dihadiri atlet, pelatih dan ofisial tim dari masing-masing negara dan jajaran pimpinan ASEAN University Sports Council (AUSC).

"Akan hadir juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek, PP BAPOMI (Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia), jajaran federasi dan organisasi olahraga pusat hingga daerah, pemerintah daerah-kota dan pihak-pihak terkait lainnya," ujarnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024