Sebanyak 80 pelajar kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) yang dinyatakan lulus 100 persen secara akademik dan "tahfidz" atau penghafal Alquran menjalani wisuda, Kamis.
 
Wisuda yang digelar di Ruang Al-Marwah, MAS tersebut juga dibarengi pelaksanaan haflah akhirussanah atau perayaan akhir tahun para pelajar.
 
"Dari 80 siswa itu ada 40 siswa hafal 1 juz, 27 siswa hafal 2 juz, 11 siswa hafal 5 juz, 1 siswa hafal 10 juz, dan 1 siswa hafal 30 juz," kata Kepala MI MAS Ustadz Chasan Ashari dalam keterangannya.
 
Dia menjelaskan pada 2023 terdapat 51 dari pelajar "tahfidz" yang dinyatakan lulus.
 
"Dari 514 siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 6 itu, kami memang melakukan wisuda untuk siswa yang berprestasi nonakademik, seperti siswa tahfidz, siswa paling disiplin, siswa paling berakhlak, dan prestasi lainnya," ucapnya.
 
Oleh karena itu, pihak lembaga pendidikan tersebut pun memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi secara nonakademik maupun akademik
 
"Kami memang menonjolkan potensi nonakademik bukan akademik, karena itu prestasi akademik hanya dilakukan secara internal, bukan dengan wisuda," ucapnya.
 
"Tema wisuda pun menonjolkan budaya perkembangan Kerajaan Islam, karena itu siswa menggunakan pakaian kerajaan," lanjutnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024