Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya mengusulkan sejumlah gagasan untuk memanfaatkan potensi besar revitalisasi Taman Hiburan Rakyat (THR) dan Taman Remaja Surabaya (TRS) agar menjadikannya pusat kegiatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik dan memberdayakan.

Ketua Kadin Surabaya H.M. Ali Affandi L.N.M dalam keterangannya di Surabaya, Rabu, mengatakan pihaknya memiliki tanggung jawab untuk terus mendorong inovasi dan pengembangan kota.
 
Menurutnya, Surabaya bukan hanya sekadar kota komersial, tetapi juga sebagai pusat budaya, intelektual, dan kreativitas yang terus berkembang.

“Dalam rangka mendukung visi Pemerintah Kota Surabaya di bawah kepemimpinan Mas Eri Cahyadi menjadi kota metropolitan yang modern dan dinamis, kami telah merancang serangkaian inisiatif untuk mengembangkan kawasan THR dan TRS menjadi magnet bagi generasi muda milenial dan gen-Z,” ujarnya.

Gagasan yang diusulkan dinilainya masih relevan dan cocok untuk diterapkan dengan melihat sejumlah potensi yang dimiliki tempat tersebut.

“Pertama adalah sebagai tempat konser dan even internasional. Ruang ini bersifat fleksibel yang dapat diubah sesuai skala dan jenis acara. Tempat ini bisa digunakan untuk konser musik, festival atau acara budaya,” katanya.

Kedua, harus memiliki Co-working Space dan Inkubator startup yang menyediakan ruang kerja bersama dan program inkubasi untuk kreator lokal yang fokus pada teknologi, media dan kreativitas sebagai pusat kreativitas dan inovasi.

“THR dan TRS juga harus memiliki Maker Space. Fasilitas produksi ini memungkinkan anak muda untuk berkreasi dengan peralatan seperti printer 3D, mesin CNC, dan alat pemrograman,” tuturnya.

Ketiga, kata Mas Andi, sapaan akrabnya, sebagai arena e-sports dan gim untuk dapat mengadakan kejuaraan atau kompetisi baik lokal maupun internasional.

Selain itu, dapat dibangun Gaming Cafe, yaitu area yang dilengkapi dengan komputer dan konsol gim modern untuk gaming rekreasi.

"Keempat, sebagai area kuliner dan pasar kreatif dengan membangun food court tematik di THR dan TRS yang dapat menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman dengan konsep unik, seperti makanan jalanan internasional, kafe instagrammable, dan food truck," ujarnya.

Tak hanya itu, kata dia, dapat dibangun Pasar Kreatif yang menjual produk lokal, kerajinan tangan dan barang-barang vintage.

“Kelima, membangun Science Center dan Planetarium di lokasi tersebut yang menyediakan fasilitas edukasi, interaktif dan menarik untuk generasi muda, sebagai wahana pendidikan dan eksplorasi," kata Mas Andi.

Tidak lupa, juga dapat dibangun arena bermain seperti Escape Room dan Virtual Reality (VR) Experience, yang menawarkan pengalaman realitas virtual dan escape room dengan tema berbeda.

Selanjutnya, dibangun jogging track, skate park, dan BMX track sebagai tempat olahraga dan aktivitas outdoor.

"Juga dapat dibangun Wall Climbing dan High Rope Course untuk aktivitas panjat dinding dan tali tinggi yang menarik bagi remaja dan dewasa muda," ucapnya.

Ketujuh, sebagai ruang seni dan budaya dengan membangun amphitheater bertaraf internasional untuk seni dan musik yang juga dapat digunakan untuk pameran seni dan studio untuk latihan dan produksi musik. 

“Apalagi di dalam THR terdapat bangunan bersejarah Gedung Srimulat yang dapat direnovasi tanpa meninggalkan nilai sejarahnya,” tuturnya.

Usulan kedelapan, lanjutnya, sebagai tempat kegiatan ramah lingkungan dengan membangun eco park, urban farming, taman ramah lingkungan dengan kebun kota yang mengajarkan tentang pertanian perkotaan keberlanjutan.

"Tentu bisa juga dibangun recycling center dan workshop untuk mengajarkan cara mendaur ulang serta mengadakan lokakarya tentang keberlanjutan dan kreativitas menggunakan barang-barang daur ulang," ujar Andi.

Namun, usulan tersebut juga harus dibarengi dengan pengembangan tempat yang dapat terintegrasi secara digital dan media sosial serta tempat penyelenggaraan festival acara tematik.

Pihaknya yakin ke depannya kawasan tersebut dapat menjadi pusat hiburan dan kreativitas yang menarik bagi kalangan muda sekaligus sebagai destinasi wisata dinamis serta inovatif di Kota Pahlawan.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024