Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur memberikan penghargaan kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPS) inovatif dalam Anugerah Inovasi Daerah 2024.

Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan rasa bangga karena anugerah inovasi daerah merupakan cikal bakal sebuah inovasi yang akan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

"Dengan inovasi yang dilakukan, saya ingin ini berdampak terhadap pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat," katanya dalam sambutannya saat penyerahan penghargaan Anugerah Inovasi Daerah 2024 di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu malam.

Bupati Karna Suswandi terus mendorong inovasi di masing-masing OPD untuk dikembangkan dan pemerintah daerah setempat akan terus memacu semangat organisasi perangkat daerah, pemerintah desa, dan sekolah-sekolah untuk terus melakukan inovasi.

"Kami ingin memacu inovasi agar lebih banyak dan manfaatnya dirasakan masyarakat," tutur Bung Karna, sapaan Bupati Situobndo Karna Suswandi.

Anugerah Inovasi Daerah 2024 ini bertujuan untuk mengembangkan budaya inovasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo.

Melalui Anugerah Inovasi Daerah ini, Pemkab Situbondo mendorong semua organisasi perangkat daerah (OPD), terutama lembaga pendidikan dan kesehatan untuk terus berinovasi untuk mempertahankan anugerah Inovatif Goverment Award.

Pemkab Situbondo memperoleh penghargaan Inovatif Goverment Award dari pemerintah pusat selama tiga tahun berturut-turut, yakni 2020, 2021, dan 2023.

Data diperoleh, ada 145 inovasi dilombakan dari sejumlah OPD dalam Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten Situbondo 2024, yang terbagi menjadi tiga kategori yakni OPD, RSUD dan puskesmas, serta sekolah, kelurahan dan desa.

Dari setiap kategori akan ditetapkan lima top inovasi dan juga top unggulan, dan mereka mendapatkan uang pembinaan dari pemerintah daerah.

Sejumlah OPD di Kabupaten Situbondo yang menerima penghargaan dalam Anugerah Inovasi Daerah 2024, di antaranya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan inovasi varietas unggul baru mangga arum merah, dan Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian inovasi Sistem Informasi Kebutuhan Pokok atau Sikepo dan beberapa OPD lainnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024