Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP-FTI) berkolaborasi dengan Polres Situbondo, Jawa Timur menggelar kejuaraan nasional "Piala Kapolres Situbondo" sekaligus menjadi ajang seleksi nasional untuk SEA Games di Thailand pada 2025.

Ketua Pengurus Pusat FTI Armand van Kempen mengemukakan bahwa kejuaraan nasional triathlon Piala Kapolres Situbondo 2024 diikuti sebanyak 53 atlet dari 16 provinsi di Indonesia.

"Kejuaraan ini juga menjadi bagian untuk seleksi nasional persiapan SEA Games tahun depan," kata Armand kepada wartawan di sela kejuaraan nasional triathlon berlangsung Situbondo, Jawa Timur, Minggu.

Selain itu, lanjut dia, kejuaraan nasional triathlon memperebutkan Piala Kapolres Situbondo ini juga sebagai persiapan puluhan atlet triathlon menghadapi ajan Pekan Olahraga Nasional atau PON di Aceh pada 8-20 September mendatang.

Kolaborasi PP-FTI dan Polres Situbondo menggelar kejuaraan nasional triathlon meskipun yang pertama kalinya, kata Armand, kejuaraan tersebut berjalan sesuai harapan.

"Venue mulai dari renang, bersepeda dan berlari sangat steril dan aman bagi atlet triathlon," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan meskipun kejuaraan nasional aquathlon, duathlon dan triathlon yang berlangsung selama tiga hari ini adalah yang pertama kalinya, namun berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

"Alhamdulillah meski ini perdana berjalan sesuai harapan, dan para atlet juga mengaku puas dengan pergelaran ini. Ini juga menjadi ajang seleksi nasional tahap pertama," katanya.

Kapolres juga berharap ajang kejuaraan nasional seperti ini bisa dilaksanakan kembali di tahun-tahun berikutnya atau terus berkelanjutan.

"Dengan semakin banyak digelar even semacam ini, Situbondo bisa makin dikenal di Indonesia maupun kancah internasional. serta juga turut memajukan perekonomian Situbondo," kata AKBP Dwi SR.

Kejuaraan nasional triathlon di nomor male elite sebanyak 36 peserta. Atlet triathlon asal Jawa Barat Rasif Amila Yakin menjadi juara pertama, disusul juara kedua atlet asal Papua, Bima Muslim Perdana dan juara ketiga Ronald Bintang Setiawan, asal Jawa Timur.

Sedangkan di nomor female elite 17 peserta. Juara satu dan juara dua diraih oleh atlet asal Jawa Timur, yakni Martina Ayu Pratiwi, dan Binta Erlenza Sabela, sedangkan di posisi ketiga Renata Berline asal Aceh.

Puluhan atlet nasional ini berenang sejauh 750 meter di venue atau tempat pertandingan di Pasir Putih Water Sport Pasir Putih Jasalindo, Kecamatan Bungatan, Situbondo.

Dan selanjutnya bersepeda sejauh 20 kilometer dari Pasir Putih Water Sport Pasir Putih Jasalindo menuju Kecamatan Panarukan, lalu berlari sejauh 5 kilometer sampai finis depan Kantor Polres Situbondo.

Puluhan atlet triathlon berasal dari 16 provinsi, yakni Jawa barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Aceh, Nusa Tenggara Timur, Yogyakarta, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, Banten, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Jambi, Kalimantan Utara dan Papua.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024