Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melakukan senam bersama para lanjut usia dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional di Stadion Diponegoro Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah veteran dan beberapa komunitas lanjut usia.

"Lansia merupakan panutan bagi generasi muda. Bapak/Ibu semua adalah sumber kebijaksanaan dan pengetahuan bagi kami menapaki masa depan," kata Bupati Ipuk.

Menurut ia, para lansia menjadi salah satu perhatian bagi Pemkab Banyuwangi, berbagai program digulirkan untuk meningkatkan kesejahteraan para lansia.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi genjot program penguatan ekonomi arus bawah

Seperti pemberian makanan bergizi gratis melalui program Rantang Kasih, jemput bola pemeriksaan kesehatan, Posyandu Terintegrasi yang melakukan pemeriksaan bagi para lansia dan berbagai program lainnya.

"Ini adalah bentuk perhatian kami bagi para lansia, karena kami yakin pembangunan Banyuwangi akan sejahtera jika semua kalangan umur diperhatikan," kata Ipuk.

Ia juga mengungkapkan dengan program-program tersebut angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu terus meningkat.

"Angka harapan hidup Banyuwangi ikut meningkat dari 71,6 menjadi 73,79 tahun. Ini menunjukkan harapan hidup semakin panjang dan taraf kesehatan semakin baik," kata Ipuk.

Dalam kegiatan senam bersama itu, Pemkab Banyuwangi juga memberikan pelayanan cek kesehatan gratis dan pemberian penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting para lansia di Banyuwangi.

"Ini adalah bentuk terima kasih kami kepada para lansia yang telah ikut memajukan Banyuwangi," kata Bupati Ipuk.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024