DPD Partai Gerindra Jawa Timur mempertimbangkan mengusung pengusaha muda Hendy Setiono sebagai calon Wali Kota Surabaya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat 2024.

Usulan nama Hendy sebelumnya disampaikan oleh Relawan Prabowo-Gibran dan Relawan Santri Prabowo (Santri Pro) dan relawan Jokowi

"Usulan dari teman-teman itu merupakan aspirasi yang baik dalam proses demokrasi," ujar Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad dalam keterangan diterima di Surabaya, Jumat.

Gus Sadad, sapaan akrabnya, mengaku sudah lama mengenal Hendy sebagai pengusaha muda asal Surabaya. Selain berkiprah di dunia bisnis, Hendy juga aktif di bidang politik. 

Pada Pilpres 2024, keduanya mendukung pasangan calon Prabowo-Gibran.

Gus Sadad adalah Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jatim, sedangkan Hendy menjabat sebagai Koordinator Fanta Berbagi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Menurut dia, Gerindra terbuka untuk mengusung calon potensial seperti Hendy meski ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi sebelum kandidat resmi mendapatkan rekomendasi.

Selain kapabilitas, calon yang diusung Gerindra harus memiliki tingkat keterpilihan (elektabilitas) tinggi, mengingat adanya calon petahana yang tampaknya bakal diusung sejumlah partai politik.

"Kami ingin mengusung calon yang memiliki program kerakyatan, mampu merangkul semua kalangan, dan memiliki potensi keterpilihan besar," kata Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut.

Gerindra juga mendorong para calon untuk mengikuti mekanisme internal partai.

"Kami memprioritaskan untuk mengusung kader internal, meskipun kami terbuka terhadap calon dari berbagai latar belakang," tutur caleg DPR RI 2024-2029 terpilih tersebut.

Para calon diharapkan menjalin komunikasi dengan internal Gerindra dan menyampaikan program yang disiapkan kepada pengurus dan kader di akar rumput.

"Pada akhirnya, semua keputusan akan diambil oleh Ketua dewan pembina sekaligus ketua umum kami, Bapak Prabowo Subianto," tuturnya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024