Pemerintah Kota Batu menerima penghargaan tiga terbaik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dengan predikat sangat memuaskan (AA) yang diberikan oleh Arsip Nasional Indonesia (ANRI).

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dalam keterangan yang diterima di Kota Batu, Kamis, mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah setempat.

"Terima kasih kepada semua yang telah bekerja keras, sehingga Kota Batu berhasil meraih prestasi ini," kata Aries.

Penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kota Batu tersebut diberikan oleh Plt Kepala ANRI, Imam Gunarto dalam rangkaian Peringatan Hari Kearsipan ke-53 yang digelar di Samarinda, Kalimantan Timur pada Rabu (29/5).

Aries menjelaskan kerja keras OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batu yang mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun tata kelola kearsipan yang lebih baik menjadi kunci untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Menurutnya, Pemerintah Kota Batu berkomitmen dalam menyelamatkan arsip daerah. Salah satunya, dengan diresmikannya perluasan Depo Arsip Kota Batu dengan kapasitas yang memadai seiring meningkatnya aktivitas kearsipan.

Ia menambahkan dengan adanya pencapaian tersebut, diharapkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada khususnya bisa lebih semangat dan aktif serta tertib dalam penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

"Tentunya, menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kota Batu. Kami berharap akan menambah semangat untuk lebih aktif dan tertib dalam penyelenggaraan kearsipan," katanya.

Kota Batu menduduki posisi tiga terbaik dengan perolehan nilai 94,62 pada pengumuman hasil pengawasan kearsipan di Tahun 2023. Nilai tersebut mengalami kenaikan 3,14 poin jika dibandingkan pada 2022 yang memperoleh skor 91,48, sangat memuaskan.

Dengan perolehan nilai sebesar 94,62 poin tersebut, Pemerintah Kota Batu menjadi yang terbaik pertama di wilayah Provinsi Jawa Timur. Capaian tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kinerja kearsipan Pemerintah Kota Batu.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta menerima penghargaan peringkat pertama dengan nilai 95,38 atau kategori AA, diikuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman dengan nilai 94.80 poin, yang hanya terpaut 0,18 poin dengan Pemerintah Kota Batu.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024