Young Buddhist Association (YBA) Indonesia menggelar Sanghadana Waisak pada kegiatan Vesak Festival 2024 di Surabaya dan berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp323 juta.
 
Ketua Panitia Vesak Festival 2024 Anthony Orodiputro dalam keterangannya di Surabaya, Selasa, mengatakan Sanghadana adalah wujud dana atau pemberian umat kepada Bhikkhu Sangha yang telah menyelesaikan masa vassa.
 
"Sanghadana Waisak terbesar se-Indonesia ini menjadi salah satu rangkaian acara dalam Vesak Festival yang digelar di Surabaya pada 22-26 Mei 2024 dan akan digelar di Jakarta pada 29 Mei-2 Juni 2024 dengan dihadiri lebih dari 30 Bhikkhu," ucapnya.
 
Ia mengemukakan, di Vesak Festival Surabaya 2024, ada 21 sponsor, ada pula 70 donatur sukarela serta ada pula paket Sanghadana sebanyak 298 paket.
 
Ia mengatakan, hasil dari Sanghadana ini akan diberikan kepada Sangha Agung Indonesia (SAGIN), Sangha Theravda Indonesia (STI), Sangha Mahayana Indonesia (SMI), Sangha Dhammaduta Indonesia (SDDI), Sangha Theravda Dhammayut Indonesia (STDI), dan Panditrma Monastery.
 
"Jadi, Sanghadana akan diberikan kepada para Sangha itu untuk kebutuhan sehari-harinya, termasuk untuk obat-obatan, dan pembangunan Vihara," katanya.
 
Anthony menjelaskan bahwa harapan para donatur setelah melakukan Sanghadana dengan mempersembahkan jubah secara simbolis supaya mendapatkan berkah lebih di hari Waisak tahun ini.
 
"Jadi, mereka tidak hanya berdana untuk keberlangsungan acara Waisak yang digagas oleh muda-mudi Buddhis yang kreatif dan inklusif, tapi semuanya bisa kenal dengan agama Buddha, berjodoh dengan menyokong kehidupan suci para Bhante," ucapnya.
 
Di samping itu, kata dia, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Vesak Festival juga berkolaborasi dengan Johnny Salim Community (JSC) melakukan Community Social Responsibility (CSR) berupa donasi pakaian layak pakai, sehingga semua masyarakat dapat berpartisipasi dalam donasi pakaian layak pakai di lokasi acara.
 
"Hasil penjualan pakaian layak pakai ini akan diberikan kepada kaum disabilitas melalui Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus dan Sehjira Indonesia. Oleh karena itu, kami harapkan acara ini membawa manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024