Istilah "staycation" akhir-akhir ini cukup sering didengar masyarakat, saat membahas soal liburan, piknik, ataupun "healing".

Laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) menyebutkan bahwa staycation merupakan gabungan dari dua kata Bahasa Inggris yakni "stay" dan "vacation". Yang artinya stay adalah tinggal dan vacation yang artinya liburan.

Konsep liburan staycation muncul setelah pemerintah memberlakukan masa adaptasi kebiasaan baru atau "new normal" saat pandemi COVID-19. Cukup menginap di sebuah hotel ataupun berwisata di satu lokasi dekat tempat tinggal, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga dan orang-orang tercinta guna menciptakan momen kebersamaan serta melepas rasa bosan dalam kondisi aman di saat pandemi.

Seiring masa lepas pandemi, staycation menjadi tren gaya liburan baru yang banyak diminati masyarakat. Kini, banyak bermunculan akomodasi wisata dengan konsep staycation yang ditawarkan ke wisatawan. Salah satunya staycation di kawasan lereng Gunung Welirang, Desa Padusan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Di wilayah tersebut banyak tempat wisata saling berdekatan dan hotel yang dapat dinikmati untuk menghabiskan waktu bersama keluarga selama ber-staycation.

Terletak di dataran tinggi lereng Gunung Welirang tepatnya di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, berikut aktivitas seru yang dapat dilakukan saat wisata staycation, utamanya di kawasan dataran tinggi Padusan.

1. Pemandian Air Panas Padusan

Pemandian Air Panas Padusan terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Di lokasi ini wisatawan bisa berendam dan berenang di pemandian air panas yang berasal dari sumber mata air panas alami Gunung Welirang. 

Air panas alami yang mengandung belerang tersebut diyakini bisa menghilangkan penat setelah beraktivitas di tengah hiruk pikuk kepadatan kota. Di kolam ini terdapat 3 level tingkat kepanasan. Menjadi tempat favorit bagi wisatawan, lokasi ini bisa diakses dengan harga tiket Rp15.000 per orang.

Terdapat beberapa lokasi pemandian air panas di kawasan ini. Selain Padusan, terdapat pemandian air panas lainnya, di antaranya Pemandian Air Panas Pacet dan D’Qoem–Qoem yang lebih privat.


 
Pemandian Air Panas Padusan di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jatim.
ANTARA/HO-Disbudporapar Kab Mojokerto



2. Glamping seru di Bobocabin Padusan

Setelah puas berendam air panas, wisatawan bisa glamping seru di Bobocabin Padusan, Pacet, Kabupaten Mojokerto. Di akamodasi ini wisatawan dapat menikmati glamping dengan suasana alam hutan pinus yang asri dan sejuk dilatari pemandangan dataran tinggi Gunung Welirang.

Bobocabin Padusan menyediakan 33 cabin yang terdiri dari 28 cabin tipe family dan lima cabin tipe deluxe. Kapasitas tipe deluxe adalah dua orang dewasa dan satu anak. Untuk kabin famili, kapasitas adalah empat orang dewasa dan dua anak.

Meski di alam pegunungan, kabin-kabin di akomodasi ini dilengkapi dengan kecanggihan teknologi "Internet of Things" (IoT) di dalamnya. Seperti registrasi dan penggunaan pintu kabin yang dilakukan melalui telepon pintar atau gawai pemesan, "smart glass window", "mood lamp", dan audio speaker yang dapat dikendalikan dari aplikasi yang terinstal pada tablet PC. 

Fasilitas di dalam kamarpun cukup lengkap mulai dari selimut, handuk, air mineral, pembuat minuman panas, perlengkapan mandi, hingga "water heater". Selain itu, Bobocabin juga dilengkapi dengan adanya "shared kitchen", area "communal", dan koneksi wifi.

Hal menyenangkan lain yang dilakukan saat staycation dan glamping di akomodasi tersebut, wisatawan bisa "barbeque" hingga menyalakan api unggun di malam hari bersama orang-orang tercinta. Sehingga menciptakan suasana yang harmonis dan akrab.

Tak kalah menarik, di sekitar kawasan ini juga banyak terdapat warung warga setempat yang menjajakan camilan aneka gorengan dan minuman hangat yang cocok dinikmati saat udara mulai beranjak dingin. Dijamin, suasana semakin pas.
 
Pasar Wisata Padusan di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jatim. ANTARA/Ist


3. Belanja di Pasar Wisata Padusan

Pasar Wisata Padusan di Pacet, Kabupaten Mojokerto menjual aneka hasil pertanian hortikultura produksi lereng gunung setempat. Wisatawan akan dibuat "heboh" berbelanja aneka buah dan sayuran segar dengan harga terjangkau. Di sini wisatawan boleh menawar hingga mendapatkan kesepakatan harga yang sesuai.

Selain aneka buah dan sayuran, wisatawan juga dapat belanja aneka umbi, seperti ubi jalar ungu, ubi jalar oranye, dan kentang, hingga aneka jajanan oleh-oleh setempat.

Jadi, jika masih bingung dengan tujuan wisata pada akhir pekan ataupun liburan sekolah di bulan Juni ini, staycation di kawasan Padusan lereng Gunung Welirang, Kabupaten Mojokerto, bisa jadi salah satu alternatif yang seru.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024