Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Bali, Selasa untuk meluncurkan program implementasi layanan elektronik se Provinsi Bali, sekaligus Deklarasi Empat Kabupaten Lengkap dan Peluncuran Mobil Layanan Elektronik.

Kunjungan kerja tersebut diikuti juga secara langsung oleh Staf Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Bidang Teknologi Informasi sekaligus Plt. Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur Jonahar.
 
Peluncuran program Implementasi Layanan Elektronik se-Provinsi Bali tersebut berarti wilayah setempat telah menjadi provinsi yang utuh menyelenggarakan layanan pertanahan secara elektronik.

Artinya dengan demikian, Provinsi Bali akan menerbitkan seluruh produk legalitas pertanahan dalam bentuk sertipikat tanah elektronik yang lebih menjamin keamanan data serta kemudahan dalam mengakses surat menyurat yang berkaitan hal tersebut.

Implikasinya, para pemilik tanah akan dengan mudah melihat dan mengunduh sertipikat tanah elektronik melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

Sertipikat tanah elektronik tetap bisa dicetak dalam bentuk fisik dengan cara datang ke kantor pertanahan setempat atau melalui fasilitas mobil keliling layanan elektronik.

Mobil keliling layanan elektronik yang juga diluncurkan pada kesempatan ini disediakan dengan tujuan untuk mengenalkan sertipikat dan layanan elektronik kepada masyarakat secara lebih masif.

Fasilitas ini dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat, sehingga lebih menghemat waktu dan biaya. Untuk mendapatkan layanan tersebut, nantinya masyarakat tidak perlu repot jauh-jauh datang ke kantor pertanahan karena pemerintah yang langsung menjemput bola secara proaktif kepada masyarakat.

Baca juga: Menteri Anas apresiasi Kementerian ATR/BPN digitalisasi sertifikat tanah
Baca juga: Kanwil BPN Jatim sosialisasikan sertifikasi aset pemerintah secara elektronik
Baca juga: Kementerian ATR/BPN target selesaikan 86 kasus mafia tanah tahun ini
 

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Rachmat Hidayat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024