Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mulai mempersiapkan lokasi tempat relokasi Pasar Banyuwangi yang berada di gedung wanita dan wilayah sekitarnya, karena pasar tersebut akan direvitalisasi oleh Kementerian PUPR menjadi pusat perbelanjaan dan kawasan heritage pada tahun ini.

Saat ini konstruksi fisik relokasi telah disiapkan pemerintah daerah setempat dan beberapa perbaikan masih harus dilakukan sebagai langkah penyempurnaan dan dipastikan tempat relokasi bisa menjadi lokasi berdagang sementara yang nyaman dan aman.

"Dari fisik sudah bisa dibilang siap, namun masih ada beberapa yang harus diperbaiki dan disiapkan, Insya Allah pekan depan sudah siap ditempati," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiaestiandani di Banyuwangi, Senin.

Lokasi relokasi Pasar Banyuwangi menempati area di sekitar gedung wanita yang lokasinya berjarak 500 meter dari lokasi awal Pasar Banyuwangi.

Mengenai pembenahan lanjutan, Bupati Ipuk menargetkan pekerjaannya bakal rampung dalam sepekan ke depan dan setelah bangunan siap, pedagang sudah bisa menempatinya.

"Untuk penempatan los, rencana akan kami undi agar pembagiannya adil," katanya.

Selain pedagang pasar yang berjumlah 325 orang, pemkab juga akan menyediakan tempat bagi sekitar 200 pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Pasar Banyuwangi.

"PKL juga akan kami akomodasi, tadi juga ada datanya. Sudah kami simulasikan untuk pedagang kaki lima lokasinya di mana, pedagang pasar di mana. Kami akan tata semua," ujar Ipuk.

Kementerian PUPR menyediakan anggaran sekitar Rp200 miliar untuk revitalisasi Pasar Banyuwangi dan kawasan Inggrisan di Banyuwangi, dan proses pembangunan direncanakan akan dimulai pada 2024 dan ditarget rampung dalam setahun.

Selama setahun, para pedagang akan menempati area relokasi yang disiapkan pemerintah daerah setempat.

Berdasarkan konsep rencana pembangunan, Pasar Banyuwangi bakal dibangun dengan gaya modern, bagian depan pasar yang merupakan situs heritage akan dipertahankan, sedangkan bangunan utama di dalam pasar bakal dibangun ulang.

Pasar Banyuwangi didesain memiliki gedung utama yang terdiri dua lantai dengan arsitektur khas Osing, Banyuwangi. Pasar akan dibagi menjadi areal pasar basah, pasar kering dan area kuliner.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024