Seorang pengusaha di Kediri yang juga Ketua DPD PSI Kota Kediri Ronny Siswanto mendaftarkan diri dari jalur perseorangan ke KPU Kota Kediri untuk berlaga pada Pilkada 2024.

Ronny Siswanto mengatakan dirinya memang berniat ikut serta dalam kontestasi Pilkada Kota Kediri lewat jalur perseorangan. Ia menyerahkan sekitar 25 ribu bukti dukungan ke KPU Kota Kediri

"Saya punya dua jalan ninja ke balai kota, yang utama koalisi dengan partai, yang kedua berangkat perseorangan. Ada sekitar 25 ribu dukungan, kotaknya sekitar 50," katanya di Kediri, Minggu (12/5). 

Untuk bakal calon wakil wali kota, ia menyebut nama Fadoli, namun, saat mendaftar yang bersangkutan tidak hadir karena sedang ada pekerjaan.

Pihaknya juga sudah izin mendaftar calon perseorangan ke partai. Ada dua partai, tempat ia menyerahkan pendaftaran bakal calon Wali Kota Kediri, yakni Partai NasDem dan Partai Hanura. Dari dua partai itu ada enam kursi. 

"Saya izin, yang jelas partai sudah tahu. Kami juga tetap komunikasi dengan seluruh partai yang ada di Kota Kediri," kata dia.

Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi mengatakan pihaknya sudah menerima berkas pengajuan dari Ronny Siswanto. Sesuai dengan aturan, untuk calon perseorangan minimal syarat dukunganya 10 persen dari DPT terakhir, yakni sejumlah minimal 23.397 pemilih yang tersebar di tiga kecamatan.

"Kami lakukan verifikasi administrasi dari berkas yang dikirimkan," kata dia. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024