Bupati Banyuwangi, Jawa Timur Ipuk Fiestiandani mengemukakan berbagai prestasi yang diraih pemerintah setempat merupakan berkat kerja keras semua pihak, termasuk Ikatan Keluarga Banyuwangi atau Ikawangi.

"Transformasi Banyuwangi ini dengan seluruh prestasinya adalah berkat kerja bersama-sama, termasuk teman-teman Ikawangi," kata Bupati Ipuk dalam keterangannya di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin.

Dia juga menyambut positif ajakan Ikatan Keluarga Banyuwangi Pusat agar tetap menjaga Banyuwangi tetap "keren", yakni mempertahankan berbagai prestasi yang telah diraih, saat halalbihalal Ikawangi Jakarta Raya di Padi Sport Center, Kabupaten Tangerang, pada Minggu (5/5).

Untuk meningkatkan itu, kata Bupati Ipuk, harus disokong oleh semua pihak. Ia juga meminta Ikawangi turut serta mengambil peran.

"Banyak Ikawangi yang sukses, ini bisa menjadi stimulan dan penyemangat, utamanya bagi anak-anak muda di Banyuwangi untuk berprestasi," ujarnya.

Bupati Ipuk juga berharap Ikawangi bisa menjadi inkubator bagi warga Banyuwangi untuk menumbuhkan jejaring ekonomi baru. Dari Banyuwangi ke berbagai kota dan negara tempat rantau.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi serap aspirasi melalui "Musrenbang Anak"

"Ayo kita tingkatkan pengembangan ekonomi asli Banyuwangi dengan daerah-daerah lain," katanya.

Sementara itu, Ketua Ikawangi Pusat Mayjen (Purn) Rusdi Maksum menitipkan amanat para sesepuh Ikawangi kepada Bupati Ipuk Fiestiandani yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut.

"Ada satu pesan dari para sesepuh Ikawangi, jika ingin Ikawangi ini keren, Banyuwangi harus keren. Oleh karena itu, saya titip ke Ibu Bupati agar Banyuwangi bisa tetap dijaga 'keren'," ujarnya.

Saat ini, lanjut Rusdi, Banyuwangi keren dan banyak prestasi yang telah ditorehkan, seperti halnya ditetapkan sebagai kabupaten terinovatif, kabupaten berkinerja terbaik dan sebagainya.

"Ini harus dipertahankan agar kita sebagai orang Banyuwangi yang tinggal di luar bisa semakin lantang mengaku sebagai orang Banyuwangi," katanya.

Dalam acara halalbihalal Ikawangi Jakarta Raya di Tangerang, dihadiri ratusan warga Banyuwangi dari berbagai koordinator wilayah, di antaranya Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, Tangerang Raya, dan Cilegon-Merak-Serang.

Hadir pula sejumlah tokoh nasional berdarah Banyuwangi juga tampak hadir, seperti Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Pariwisata 2014-2019 Arief Yahya, Bambang Sugiyono (sesepuh Ikawangi), Komjen Pol Susno Duadji (Kabareskrim RI 2008-2009) dan beberapa tokoh lainnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024