PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengapresiasi kinerja dari sejumlah relawan yang telah mendukung jalannya posko lebaran 2024 untuk melayani penumpang selama arus mudik dan balik.

"Khusus bagi relawan Komunitas railfans maupun Pramuka, mereka secara sukarela ingin turut berkontribusi dengan KAI dalam hal melayani pelanggan baik itu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan selama Posko Angkutan Lebaran," ucap Manajer Humas KAI Daop 8, Luqman Arif di Surabaya, Senin.

Luqman menjelaskan, bahwa keterlibatan baik itu internal hingga eksternal KAI, memiliki tujuan untuk menyukseskan angkutan lebaran 2024, dengan mengantarkan para pelanggan selamat sampai tujuan.

"Empat komunitas railfans yang turut berkontribusi memberikan dukungan kepada KAI, yakni Sahabat Kereta, Sipuong, Java Train, dan Malangraya 444," katanya.

Kegiatan yang dilakukan, kata Luqman, antara lain membantu memberikan informasi seputar jadwal KA, aturan perjalanan dengan KA, hingga posisi kereta yang tertera di tiket.

"Kami mengapresiasi kontribusi mereka yang ikut mendukung KAI dalam menyukseskan angkutan lebaran 2024, dengan ikhlas, sukarela, membantu kelancaran mudik pelanggan," kata Luqman.

Perlu diketahui, selama masa posko angkutan lebaran 2024, setiap hari terdapat delapan anggota railfans dan delapan anggota Pramuka di sejumlah stasiun Daop 8 Surabaya.

Diantaranya di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Kota, Stasiun Wonokromo, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Bangil, Stasiun Malang, dan Stasiun Mojokerto.

Sementara itu, salah seorang relawan dari Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Surabaya Wahyu Rizky Mahendra mengaku senang dan bangga bisa menjadi bagian dalam melayani masyarakat saat lebaran 2024.
 
"Ini suatu kegiatan yang cukup menyenangkan untuk mengisi waktu luang di waktu liburan dan kegiatan ini juga cukup bermanfaat bagi kami dapat melayani masyarakat sekitar serta turut mengembangkan diri," ujarnya.
 
Bagi seorang Pramuka, kata dia, bahwa jiwa kepedulian itu tidak harus ditunjukkan dalam bentuk suatu kegiatan kepramukaan saja, namun juga bisa disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan.
 
"Dari H-5 hingga H5 para Pramuka turut menjalankan karya bakti Lebaran, tidak hanya di Stasiun Gubeng ini, Pramuka peduli Kota Surabaya juga memiliki posko di beberapa stasiun di Kota Surabaya," kata mahasiswa yang saat ini berkuliah di Universitas Udayana Bali tersebut.(*)

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024