Kepolisian Resor (Polres) Batu melakukan uji coba penerapan arus satu arah di kawasan Jalan Ir. Soekarno, Kecamatan Junrejo hingga Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat libur Lebaran 2024.

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Soehat Polres Batu AKP Anton Hendry di Kota Batu, Kamis, mengatakan bahwa saat ini arus lalu lintas di Kota Batu sudah mengalami peningkatan ketimbang saat libur akhir pekan.

"Peningkatan arus lalu lintas mulai terjadi hari ini kurang lebih 50 persen jika dibandingkan dengan akhir pekan. Pada hari-H Lebaran dan H-1 masih landai," kata Anton.

Upaya mengantisipasi adanya lonjakan arus kendaraan menuju Kota Batu, pihaknya telah melakukan uji coba penerapan arus lalu lintas satu arah menuju kota wisata tersebut.

Baca juga: Polres Malang siapkan skema penanganan kepadatan lalin ke Kota Batu

Uji coba penerapan arus lalu lintas satu arah tersebut mulai dari Jalan Ir. Soekarno, tepatnya di Simpang Tiga Krematorium, menuju Simpang Tiga Jalan Dewi Sartika. Uji coba tersebut mulai pukul 11.00 hingga 11.30 WIB.

Penerapan arus lalu lintas satu arah tersebut, kata dia, akan dilakukan jika terjadi kepadatan kendaraan yang cukup signifikan dari Kabupaten Malang dan Kota Malang menuju Kota Batu.

Untuk arus kendaraan dari Kota Batu yang akan menuju Kabupaten Malang dan Kota Malang, akan dialihkan ke Jalan Dewi Sartika menuju Jalan Oro-Oro Ombo dan melewati wilayah Junrejo dan Areng-Areng, Kelurahan Dadaprejo.

"Atau terus ke Sumbersekar Kabupaten Malang melewati Dau menuju Kota Malang," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun Pos Pengamanan Soehat, pada hari Rabu (10/4) jumlah kendaraan yang melintas dan masuk ke Kota Batu tercatat 3.600 kendaraan roda empat, 2.340 kendaraan roda dua, dan dua kendaraan roda enam.

Sementara itu, kendaraan yang meninggalkan Kota Batu tercatat 2.520 kendaraan roda empat, 4.500 kendaraan roda dua, dan satu kendaraan roda enam.

Pada hari Kamis (11/4), tercatat 10.011 kendaraan yang masuk ke Kota Batu yang terdiri atas 5.872 kendaraan roda dua, 4.129 kendaraan roda empat, dan 10 kendaraan roda enam.

Kendaraan yang meninggalkan Kota Batu tercatat 4.087 kendaraan roda dua, 2.679 kendaraan roda empat, dan sembilan kendaraan roda enam.

Wilayah Kota Batu merupakan salah satu destinasi tujuan wisata di Provinsi Jawa Timur pada masa libur Lebaran 2024. Pada tahun 2024, ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan di wilayah tersebut mencapai 12 juta kunjungan.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur memperkirakan kurang lebih sebanyak 34 juta orang yang akan melaksanakan mudik Lebaran dan menuju Jatim. Selain itu, diperkirakan ada 31 juta orang yang melakukan mudik antarkabupaten kota.

Kementerian Perhubungan menyebutkan terdapat tren kenaikan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024 sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 193 juta orang jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024