Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur memastikan pasokan kebutuhan pangan selama dua pekan tersisa di bulan Ramadhan hingga Lebaran "aman" atau mencukupi.

"Harga cukup stabil, bahkan beberapa komoditas pokok alami penurunan. Itu artinya stok aman, barang tersedia di pasaran," kata anggota TPID Ponorogo, Harjono dikonfirmasi usai sidak di Pasar Legi, Ponorogo, Rabu (27/3).

Tak hanya menyambangi para pelapak dan pedagang kios Pasar Legi, tim TPID juga melakukan pemantauan ke sejumlah pasar modern.

Harjono mengatakan dari pantauan di lapangan, harga kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga yakni beras. Beras jenis premium yang sebelumnya Rp15 ribu per kilogram, kini harganya menjadi Rp13.800.

Baca juga: TPID Ponorogo pantau pasokan dan harga pangan jelang Lebaran

Penurunan harga juga terjadi pada beras medium, kini harganya Rp12.800, sebelumnya Rp13.500 per kilogram.

"Beras sempat mahal beberapa waktu lalu, tapi saat ini harga sudah berangsur turun dan stabil," terangnya.

Kemudian, ada juga daging ayam ras yang sebelumnya sampai di harga Rp40 ribu per kilogram, kini turun harga di Rp35 ribu.

Selain itu, segala jenis cabai juga mengalami penurunan, dimana untuk cabai rawit sebelumnya Rp22 ribu per kilo menjadi Rp20 ribu.

"Penurunan harga juga terjadi pada semua jenis cabai. Sementara untuk harga daging sapi, masih stabil di harga Rp125 ribu per kilogram," katanya.

Meskipun mayoritas harga kebutuhan pokok mengalami penurunan, namun ada beberapa yang juga naik harganya. Seperti halnya pada komoditas bawang putih, dari harga sebelumnya Rp 28 ribu per kilogram, kini harganya naik menjadi Rp36 ribu.

"Sudah turun sejak seminggu yang lalu, jika ada yang naik masih relatif normal dan dalam batas wajar karena memang menjelang Lebaran," katanya.
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024