Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Rabu melakukan pemantauan pasokan dan harga komoditas pangan menjelang Lebaran 2024 di daerah itu.

"Hasil pantauan di sejumlah pasar, harga cukup stabil, bahkan beberapa komoditas pokok alami penurunan. Itu artinya stok aman, barang tersedia (di pasaran)," kata Anggota TPID Ponorogo Harjono dikonfirmasi setelah inspeksi mendadak di Pasar Legi Kabupaten Ponorogo di Ponorogo, Rabu.

Tak hanya menyambangi para pelapak dan pedagang kios Pasar Legi, tim TPID juga melakukan pemantauan ke sejumlah pasar modern.

Ia mengatakan berdasarkan pantauan di lapangan, harga kebutuhan pokok yang mengalami penurunan yakni beras. Beras jenis premium yang sebelumnya Rp15 ribu per kilogram, saat  ini Rp13.800.

Penurunan harga juga terjadi pada beras medium, yang saat ini Rp12.800 sedangkan sebelumnya Rp13.500 per kilogram.

Baca juga: Ponorogo gencarkan operasi pasar beras murah untuk tekan inflasi

"Beras sempat mahal beberapa waktu lalu, tapi saat ini harga sudah berangsur turun dan stabil," kata dia.

Daging ayam ras yang sebelumnya seharga Rp40 ribu per kilogram, saat ini turun menjadi Rp35 ribu.

Segala jenis cabai juga mengalami penurunan, di mana untuk cabai rawit sebelumnya Rp22 ribu per kilo menjadi Rp20 ribu.

"Penurunan harga juga terjadi pada semua jenis cabai. Sementara untuk harga daging sapi masih stabil di harga Rp125 ribu per kilogram," katanya.

Meskipun mayoritas harga kebutuhan pokok mengalami penurunan, katanya, ada beberapa komoditas tersebut yang juga naik, seperti bawang putih dari harga sebelumnya Rp28 ribu per kilogram, saat ini Rp36 ribu.

"Sudah turun sejak seminggu yang lalu, jika pun ada yang naik masih relatif normal dan dalam batas wajar karena memang menjelang Lebaran," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024