Artis Okie Agustina melakukan tindakan presbyond di National Eye Center Surabaya untuk menghilangkan mata minus, silinder, dan plus yang diderita sejak 20 tahun lebih agar terbebas dari kacamata.

"Saya sudah pakai kacamata hampir 20 tahun, dari minus, silinder sama plus. Ya karena usia juga kan ya, untuk plus itu usia tidak bisa dibohongi. Kemarin itu minus tuh 1,5 dan silinder lupa sih karena sudah tidak mau ingat-ingat lagi sebenarnya," kata Okie Agustina dalam keterangan diterima di Surabaya, Jumat.

Mantan istri Pasha Ungu ini mengatakan sebelum akhirnya merasakan kebebasan dari kacamata, dia harus menghadapi berbagai tantangan yang tidak bisa dianggap sepele setiap hari. 

"Awalnya mau lasik atau zeiss smile saja, tapi ternyata ada presbyond yang sekaligus membantu bebas dari kacamata plus/presbiopi,” tuturnya.

Okie Agustina memiliki alasan yang kuat untuk memilih NEC Surabaya sebagai tempat untuk menjalani prosedur presbyond

Awalnya, Okie mengaku sempat ragu-ragu, terutama karena perjalanan yang jauh dari Jakarta ke Surabaya. Namun, setelah Keisha Alvaro lasik zeiss smile dan merasakan kenyamanan tanpa kacamata, keyakinannya pun kembali memuncak. 

"Ya akhirnya aku memutuskan untuk lasik karena aku lihat juga Kiesha kemarin, dia lasik kok lebih enak gitu kan tidak perlu pakai kacamata lagi. Nah begitu liat dia bebas kacamata nih, wah aku harus juga nih," ucapnya.

Dokter spesialis mata dr. Ruchyta Ranti, SpM menjelaskan presbyond atau yang kerap dikenal dengan alternatif lasik mata plus (presbiopi) ini memang metode khusus untuk penderita mata tua.
 
"Karena kalau lasik (zeiss smile dan femto lasik) itu bisa bebas kacamata jarak jauh saja saja, kalau presbyond bisa sekaligus membantu penglihatan jarak dekat atau mata plus (presbiopi)," kata dia.

Presbyond memiliki teknik yang sama seperti lasik dengan menggunakan laser dan fungsinya sama yaitu membentuk kembali Kornea dan mengikis untuk mengoreksi minus mata. 

Presbyond dilakukan pada dua mata dengan fungsi berbeda, mata yang satu akan dibuat dapat melihat jarak jauh dan mata satunya dibuat dapat melihat jarak dekat. Presbyond hanya dilakukan pada penderita presbiopi atau mata tua bukan penyakit katarak.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024