Badan Pengelola dan Pelaksana (BPP) Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) menggelar cukur rambut gratis untuk 1.445 jamaah dan sejumlah lomba untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Untuk menyambut Ramadhan 1445 Hijriah, kami melayani jamaah Masjid Al-Akbar dengan Ceramah Ngabuburit, Shalat serta Ceramah Tarawih, potong rambut gratis untuk 1.445 jamaah pada 11 Maret 2024, dan sembilan lomba lainnya," kata Ketua Kegiatan Ramadhan MAS H Soedarto di Surabaya, Minggu.

Perayaan Ramadhan 1445 H di Masjid Al Akbar akan dibuka dengan "Gebyar Sholawat dan Ramadhan GenZI 1445 H" oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhi Karyono dan tausiyah oleh Khofifah Indar Parawansa serta jamaah Majelis Subbanul Muslimin Probolinggo di halaman timur MAS pada Minggu (10/3), setelah Shalat Isya.

Selain cukur gratis, pihaknya juga mengadakan kegiatan sosial lainnya yakni pembagian 1.500 hingga 2.000 takjil untuk buka bersama pada setiap hari dan sahur bersama pada 10 hari terakhir Ramadhan bersamaan kegiatan Qiyamul Lail.

Tak hanya itu, akan ada bazar yang didukung oleh BSI, Bank Jatim, pemprov, dan dari pihak swasta.

"Masjid Al-Akbar juga menyelenggarakan berbagai macam perlombaan untuk syiar dan dakwah, diantaranya lomba patrol pada 31 Maret, lomba hadrah albanjari pada 30 Maret, dan lomba fotografi serta vlog Ramadhan pada 10 hingga 30 Maret," katanya.

Soedarto menambahkan, ada juga lomba pildacil atau dai cilik (22/3), lomba mewarnai (23/3), lomba rebana/qasidah (24/3) dan juga lomba fashion show anak (29/3).

Sementara itu, penanggung jawab lomba Patrol Ustaz Kemal mengatakan semua perlombaan tersebut akan dilaksanakan di Taman Asmaul Husna MAS.

"Kami berharap banyak para jamaah yang hadir untuk meramaikan malam malam pada bulan Ramadhan, terutama anak muda, karena lomba patrol ini termasuk banyak diminati anak muda. Pada bulan Ramadhan 1444 H ada peserta 15 grup patrol, semoga lebih banyak lagi tahun ini," ujarnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024