Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menekankan pentingnya sinergi antara ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif agar target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia bisa terpenuhi.

"Target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2024 telah ditetapkan antara 11 juta hingga 16 juta kunjungan. Keberhasilan mencapai target tersebut memerlukan dukungan dari semua pihak karena keterkaitannya yang tak terpisahkan dengan ekonomi kreatif," kata Sandiaga saat membuka Temu Bisnis "KENAROK X SMEXPO" secara daring sebagaimana keterangan tertulis diterima di Surabaya, Jumat.

Sandiaga Uno menekankan pentingnya peningkatan produk unggulan sebagai penambah nilai dan daya saing pariwisata guna memperkuat sinergitas antara ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Hal ini dapat memperkuat sinergi antara ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif dengan fokus pada pengembangan produk unggulan, hingga dapat memperluas pasar pariwisata dan menciptakan peluang baru bagi industri kreatif," tuturnya.

Sementara itu, Area Manager Comm, Rel, & CSR Jatimbalinus, Ahad Rahedi, mengatakan dalam kegiatan yang digelar Pertamina bersama Kemenparekraf itu berupaya meningkatkan kehadiran pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan meluncurkan sejumlah program peningkatan literasi digital. 

"Pertamina secara konsisten meningkatkan program pendampingan untuk membantu UMKM menjadi lebih siap dalam menghadapi pasar global," katanya.

Ahad menjelaskan Pertamina bersama dengan Kemenparekraf menjalankan kolaborasi strategis melalui inisiatif Temu Bisnis ini agar dapat mempercepat pertumbuhan UMKM dan memberikan dorongan signifikan bagi ekonomi lokal. 

"Kolaborasi ini menjadi langkah nyata memajukan sektor UMKM dan mendukung pembangunan ekonomi nasional secara inklusif," ujarnya.

Sejalan dengan visi tersebut, Pertamina berkomitmen mendukung pencapaian target "Net Zero Emission 2060" dengan terus mendorong serangkaian program yang memberikan dampak positif pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). 

Semua inisiatif ini sejalan dengan implementasi Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh sektor bisnis dan operasional Pertamina.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024