Tim sepak bola Jawa Timur berhasil menyapu bersih tiga laga grup A pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) XXI Aceh-Sumut 2024, usai melumat tim Maluku dengan skor 4-1 di Lapangan Thor Surabaya, Kamis.

Fakhri Husaini menurunkan mayoritas pemain cadangannya, maklum, pertandingan tersebut tidak lagi menentukan bagi lolosnya Jatim di PON XXI Aceh-Sumut.

Di awal pertandingan, Jatim dikejutkan gol cepat Maluku yang dicetak oleh Zulfi Ischandar Bayauw yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-23. 

Gol tersebut langsung direspons oleh tim Jatim yang melakukan serangkaian serangan, namun penampilan gemilang dari penjaga gawang Maluku Indra Maruapey membuat sejumlah peluang anak asuh Fakhri Husaini gagal menyamakan kedudukan.

Tim yang berasal dari Timur pulau Jawa tersebut, sebetulnya berkesempatan menyamakan kedudukan pada menit ke-12 saat wasit memberikan hadiah penalti, setelah pemain Maluku melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Sayang, Achmat Fahrul Aditia gagal menjalankan tugasnya setelah arah tembakannya mampu dibaca dengan baik oleh Indra Maruapey.

Jatim akhirnya berhasil menyamakan skor, melalui titik putih saat menit ke-24, melalui kaki Aqsa Rabbani.

Gol Aqsa, melecut semangat para pemain Jatim untuk tampil lebih trengginas di sisa menit babak pertama.

Namun, beberapa peluang yang mereka dapatkan berhasil dimentahkan oleh penjaga gawang Maluku. Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum skor sementara tetap 1-1.
 
Babak kedua, Jatim meningkatkan intensitas serangan, dengan bermain taktis dan lebih rapi dalam menyerang.

Akhirnya pada menit ke-54, Jatim berhasil unggul melalui gol Febrian Tri Yanto, selang 17 menit kemudian giliran Faishal Rahmad Agung Maulana menyarangkan bola ke gawang Maluku, sehingga memperlebar margin skor menjadi 3-1.

Performa tim Maluku kian menurun ketika pertandingan memasuki 10 menit terakhir, yang akhirnya dimanfaatkan oleh Jatim untuk menambah keunggulan menjadi 4-1 melalui gol Fahmi Arizi di menit ke-85.

Hingga wasit Nugroho Supriyanto asal Jakarta Selatan meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir skor tetap 4-1, kemenangan untuk tim Jatim.

Dari hasil pertandingan tersebut, Tim Jatim meraih poin penuh, yakni sembilan dari tiga pertandingan grup A dan berhak lolos ke PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024