Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas), dan Pemadam Kebakaran (Damkar) meningkatkan sikap profesional dan humanis.
 
"Saya minta jajaran Satpol PP, Damkar, dan Satlinmas untuk menunjukkan tanggung jawab penuh di pekerjaannya dengan meningkatkan profesionalisme dan humanisme di lapangan," katanya saat menjadi Inspektur Upacara Gelar Pasukan dalam Peringatan HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar Jatim tahun 2024 di Jember Sport Garden (JSG), Kabupaten Jember, Rabu.  
 
Menurutnya sikap profesional dalam hal sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang menjadi tugas kewenangannya, namun humanis juga penting karena menjadi garda terdepan di masyarakat.   
 
Hal itu penting, lanjut dia, mengingat mereka adalah wajah pemerintah, sehingga masyarakat akan menilai sesuai dengan kinerja Satpol PP, Damkar, maupun Satlinmas yang mereka temui sehari-hari.   

Baca juga: Pj Gubernur Jatim kukuhkan Bobby sebagai Pj Sekdaprov
 
"Oleh karena itu, tidak ada lagi nanti tindakan sewenang-wenang yang di luar SOP. Semuanya untuk masyarakat yang memanusiakan dan manusiawi," katanya.
 
Ia mengatakan bahwa kerja semua satuan telah baik, Satpol PP dan Satlinmas yang tugasnya untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat sudah teruji selama ini.

"Mereka juga mendapat apresiasi langsung dari Mendagri bahwa selama proses Pemilu 2024 di sejumlah daerah telah berjalan dengan baik, kondusif, damai, dan tentu aman," ujarnya.
 
Dalam kegiatan itu, Pj Gubernur Adhy juga menyerahkan total 22 penghargaan untuk berbagai kategori, di antaranya kabupaten/kota dengan partisipasi terbaik pada SIJALINMAJATARU 2024 yang diberikan kepada Kabupaten Tuban, Lamongan, dan Jember.
 
Kemudian Video Terbaik Patroli SIJALINMAJATARU kepada Kabupaten Tulungagung, Lamongan, dan Jember.  

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024