Komisi Pemilihan Umum Kediri, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilihan Umum 2024 tingkat kota setelah menyelesaikan rekapitulasi tingkat kecamatan.

"Kami rekap penghitungan suara dari tiga kecamatan, mulai data pemilih, kemudian hasil perolehan suara pemilu presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kota," kata Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi di Kediri, Rabu.

Dia mengatakan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota diperkirakan selesai dalam satu hari karena Kota Kediri hanya memiliki tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kota, Pesantren dan Mojoroto.

Untuk saat ini, KPU Kota Kediri hanya melakukan rekapitulasi penghitungan suara, sedangkan penetapan hasil pemilu menunggu register dari Mahkamah Konstitusi.

Jika pemilu di Kota Kediri dinyatakan tidak ada sengketa, kata dia, berarti tiga hari setelah muncul keputusan dari Mahkamah Konstitusi baru bisa dilakukan penetapan hasil pemilu.

Puspo mengatakan terdapat 856 tempat pemungutan suara (TPS) yang didirikan pada Pemilu 2024 dengan melibatkan sebanyak 5.992 orang petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 1.712 orang petugas ketertiban.

Dari jumlah petugas yang dilibatkan tersebut terdapat dua orang petugas meninggal dunia, yakni satu petugas KPPS dan satu petugas ketertiban TPS. Sementara jumlah petugas sakit tercatat 18 orang.

Sebelumnya, rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan di Kota Kediri pada 17 hingga 26 Februari 2024 berlangsung lancar dan tidak ada permasalahan serius. Data yang hasil rekapitulasi dimasukkan aplikasi Sirekap dan disandingkan dengan formulir C hasil sehingga langsung dilakukan input.

Jumlah warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kota Kediri sebanyak 233.962 orang. Aspirasi politik mereka disalurkan melalui 856 TPS reguler dan khusus.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024