Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo menggelar pekan imunisasi nasional (PIN) polio tahap dua yang telah berlangsung sejak 19 Februari dan dijadwalkan rampung pada Minggu (25/2).

"Target kami sasaran PIN mencapai 90 ribu lebih anak usia 0-7 tahun," kata Kepala Dinkes Ponorogo, Dyah Ayu Puspitaningarti di Ponorogo, Jumat.

Menurut dia, target sasaran itu hampir sama dengan capaian pelaksanaan PIN polio tahap pertama, yang mana jumlah anak usia 0-7 tahun yang ikut imunisasi sebanyak 90 ribuan anak.

Angka capaian itu lebih tinggi dibanding proyeksi sasaran PIN tahap pertama yang dipatok 80.206 anak.

"Kemarin bagus capaiannya 102 persen periode pertama dan kami harapkan bagus juga capaiannya di tahap dua ini," kata Dyah Ayu.

Ia berharap dengan capaian pada periode pertama tersebut, nantinya capaian PIN polio tahap kedua yang menyasar anak usia 0 sampai 7 tahun itu tidak beranjak dari angka 90 ribu anak.

Ia menambahkan, setiap petugas akan melakukan penyisiran di wilayah masing-masing untuk memastikan anak-anak di Ponorogo mendapat layanan imunisasi agar mereka terhindar dari bahaya polio.

"Program semuanya tercakup spesifik sesuai data nama maupun alamat di Ponorogo jangan sampai kelewatan," katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi kepada para ibu yang menyertakan anaknya dalam PIN polio agar terhindar dari cedera saraf dengan risiko menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, hingga kematian.

Dinkes Ponorogo menyiapkan 2.191 pos pelayanan vaksin polio di puskesmas, posyandu dan sekolah

"Bagi pendatang atau yang belum tercakup vaksinasi bisa kita layani. Bisa melalui pos pelayanan di Puskesmas," katanya.
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024