Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun mengingatkan masyarakat menunggu proses penghitungan dan rekapitulasi suara dilakukan oleh KPU secara berjenjang yang saat ini masih berlangsung.

"Kami tetap berpegang pada penghitungan suara secara berjenjang mulai dari TPS terus rekapitulasi tingkat PPS, PPK begitu seterusnya sampai di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional," ujar Ketua KPU Kota Madiun Wisnu Wardhana di Madiun, Kamis.

Menurut dia, memang banyak lembaga survei di Tanah Air yang sudah menampilkan perolehan data hasil sementara Pemilu 2024 melalui sistem hitung cepat.

Meski begitu, data yang sah, nantinya akan dikeluarkan oleh KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu tahun 2024.

Pihaknya menyebutkan secara keseluruhan pelaksanaan pemungutan suara hingga penghitungan suara Pemilu 2024 di Kota Madiun berlangsung aman, lancar, dan kondusif.

Karena itu, pihaknya mengapresiasi partisipasi masyarakat yang sudah menyalurkan hak pilihnya pada hari Rabu (14/2/2024).

Sesuai data, Pemilu 2024 di Kota Madiun diikuti sebanyak 153.880 pemilih yang terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT). Rinciannya 79.137 pemilih perempuan dan 74.743 laki-laki.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar diusung oleh Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora).

Kemudian, juga diusung oleh Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024